Sakit Pada Area Ketiak Kiri

DokterSehat.Com – Pernahkah anda merasakan rasa sakit di ketiak saat bangun tidur? Banyak orang yang berkata bahwa jika ketiak kita terasa sakit, maka ini adalah pertanda bahwa tubuh kita sedang mengalami kelelahan karena melakukan aktifitas terlalu banyak belakangan ini. Ada baiknya, kita tidak terlalu banyak melakukan kegiatan yang terlalu melelahkan hingga ketiak tidak terasa sakit lagi. Kadang kala rasa sakit di ketiak ini juga hanya terasa di salah satu bagian saja. Sebagai contoh, area ketiak pada lengan kiri terasa sangat sakit dan terdapat benjolan yang jika dipegang juga terasa sakit. Namun, di area ketiak kanan tidak ada rasa sakit sama sekali. Apakah penyebab dari rasa sakit pada ketiak kiri?

doktersehat-ketiak

Area ketiak sendiri memiliki banyak sekali pembuluh darah sehingga jika kita memegang area ketiak, kita bisa merasakan area ini lebih hangat dari bagian tubuh lainnya. Ketiak sendiri adalah tempat dimana banyak kelenjar getah bening yang bisa melawan infeksi dalam tubuh. Jika area ketiak mengalami rasa sakit, terdapat beberapa kemungkinan sebagai penyebabnya. Sebagai contoh, jika kita menggunakan deodoran yang tidak cocok dengan kulit ketiak, maka area ketiak akan mengalami iritasi yang menyababkan rasa sakit. Jika kita mencukur bulu ketiak dengan cara yang tidak benar, kita juga bisa mendapatkan peradangan yang membuat rasa sakit.

Kebanyakan rasa sakit pada ketiak disebabkan oleh adanya infeksi pada kelenjar keringat pada ketiak atau bahkan adanya infeksi pada lengan dan area payudara. Disamping itu, jika anda melakukan berbagai kegiatan yang sangat melelahkan tanpa adanya istirahat yang cukup, kelenjar getah bening yang biasanya berada di ketiak tentu saja bisa menyebabkan rasa sakit.

Baca Juga:  Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi

Untuk menghilangkan rasa sakit ini, kita bisa melakukan kompres dengan air hangat pada ketiak yang merasa sakit. Jika diperlukan, kita bisa memakai sabun antiseptik yang digunakan di area ketiak. Hanya saja, ada baiknya kita menghindari kegiatan mencukur bulu ketiak dan juga penggunaan deodoran yang bisa saja menambah rasa nyeri di ketiak. Rasa sakit di ketiak biasanya akan hilang setelah beberapa waktu. Namun, jika rasa sakit ini berlanjut hingga beberapa hari, ada baiknya anda memeriksakan kondisi ini ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut yang tepat.