Sakit Otot Betis

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Bagian belakang kaki terdapat otot-otot betis yang membentang antara lutut dan tendon Achilles. Terkadang bagian betis juga sering terasa nyeri, sakit, berdenyut, atau kesemutan. Nyeri atau rasa tidak nyaman ini bisa terjadi akibat trauma, cedera, olahraga, dan berjalan berlebihan.

Penyebab

Otot betis sakit bisa disebabkan oleh 2 faktor, yakni cedera atau kesehatan. Dalam hal ini cedera bisa disebabkan trauma otot betis. Sementara itu secara medis penyebab betis sakit adalah berbagai kondisi yang bisa menyebabkan sakit otot sebagai gejala.

Cedera:

  • Ketegangan otot betis merupakan cedera umum yang mengakibatkan rasa nyeri. Kondisi ini terjadi saat otot-otot betis latihan berlebihan dan robek sehingga mengakibatkan pembengkakan, memar, dan nyeri akut. Nyeri akan makin parah saat berjalan, melakukan peregangan, atau berjinjit.
  • Otot kram kejang dapat menyebabkan munculnya rasa sakit. Kram tidak selalu cedera, namun bisa diakibatkan latihan otot betis yang berlebihan.

 Medis:

  • Tendinitis Achilles merupakan iritasi atau peradangan yang terjadi pada tendon achilles. Keadaan ini bisa menimbulkan rasa sakit di betis dan rasa sakit akan bertambah saat berjalan atau melakukan latihan. Selain itu, kulit di atas tendon akan terasa hangat ketika disentuh.
  • Kista Baker bisa terbentuk akibatn adanya penumpukan cairan sendi di belakang lutut. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala seperti nyeri dan kekakuan pada kaki
  • Trombosis vena dalam merupakan penggumpalan darah di pembuluh darah dalam tubuh. Bila terbentuk di kaki maka bisa mengakibatkan nyeri betis DVT yang menimbulkan nyeri, perubahan warna kulit, kulit terasa hangat, dan pembengkakan.

Gejala

Penderita otot betis sakit tak hanya merasakan nyeri tapi juga mengalami perubahan fisik, seperti:

  • Demam
  • Perubahan warna kulit
  • Muncul rasa terbakar pada betis
  • Penurunan mobilitas
  • Nyeri sendi terutama di sendi kaki
  • Kejang otot kaki terutama di malam hari dan  bisa mengganggu tidur
  • pembengkakan

Pengobatan

Metode pengobatan untuk mengatasi sakit otot betis bisa dilakukan di rumah. Berikut ini beberapa metode yang harus dicoba dalam waktu 24 jam saat mengalami nyeri betis.

1. Segera beristirahat saat betis terasa nyeri. Cobalah untuk membatasi berjalan dan gerakan dalam 24 jam pertama untuk menghindari menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

2. Terapi dingin, kompreskan es atau perangkat lain yang dingin ke otot betis selama 15-20 menit setelah cedera atau muncul rasa sakit. Ulangi tiap beberapa jam selama 24 jam pertama. Es efektif dapat mengurangi pembengkakan dan memar.

3. Kompresi, bungkus perban kompresi sekitar betis untuk mencegah lanjut pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Perban ini tidak boleh dibungkus terlalu ketat atau terlalu longgar.

4. Istirahatkan pergelangan kaki sedikit lebih tinggi. Ini harus bertahan dalam posisi ini selama 24 jam untuk mengurangi pembengkakan.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. apih shakaone

    sakit otot betis,bersama jantung berdebar,sesak nafas.timbul rasa takut

    1. ahmad sobirin

      saya juga merasa sering sesak nafas, otot belakang lutut sering merasa pegal, barusan kayak ada benjolan / bengkak kaya alergi kulit… kira kira apa ya dok

      1. dr. Vanny Bernadus

        Saat kapan munculnya? Apa yg memperberat dan yg meringankan gejalanya? Trims

  2. inha

    Dok sy sering sakit di betis siang atau pun malam…sakitx itu sudah lama dok sejak sma skrng su sdh kerja kalau malam sebelum tidur aku kasi hot cream atau balsem karena kalau tdk di beri hoy cream tdk bisa tidur dok, itu pun kdng sy beri berulang kali …sy mau tanya apa penyebabnya dok n cara pengobatanya

  3. Oti

    Dok, saya mau tanya, lusa saya mengalami kram pada betis kanan saya saat tidur malam
    Saya langsung bangun dan coba meluruskan kaki saya, kram itu hilang meski masih sedikit sakit
    Sampai sekarang kalau dipakai untuk jalan kaki kanan saya agak nyeri dok, itu bagaimana ya ?
    Terimakasih

    1. dr. Vanny Bernadus

      Anda bisa lakukan pengobatan di rumah terlebih dulu seperti yg disebutkan pafa artikel diatas. Bila tidak ada perbaikan segera ke dokter. Trims

  4. agus iswanto

    maaf dok mau tanya,betis saya ko terasa ngilu biasanya terjadi kalo hbs bangun tidur,klo dipake berjalan betis kayanya narik pe pinggang sampe pinggang jg terasa sakit…saya minta solusinya dan apa yah dok obatnya yg cocok supaya nyeri yg dibetis hilang…terima kasih dok sebelumnya

    1. dr. Vanny Bernadus

      lakukan olahraga renang secara teratur.dan tidur.di alas yg keras dan rata. trims

  5. romi

    Pagi dok..
    Saya mau tanya soal sakit di betis kanan saya yg sakit jika saya duduk atau jongkok.. Sebelumnya Tidak ada riwayat terbentur dok..
    Kira kira penyakit apa ya dok..
    Trimakasih

  6. vernando

    dok saya mau tanya? tbtb betis kaki sebelah kiri bengkak berasa langsung kejantung dan dada pun menjadi sesak? ini penyakit apa aih dok?

    1. dr. Vanny Bernadus

      dalam hal ini perlu dilakukan pemeriksaan dulu baru dapat diketahui apa masalahnya. trims

  7. atang Purnama

    dok, tadi pagi ngalami kayaknya otot ketarik rasa seperti bagian belakang lutut terkena bola tennis hasil pukulan setelah itu otot betis terasa sakit sekali sampe saya tidak bisa melanjutkan permainan tennis lagi, saya lakukan kompres es, apa yang terjadi ya dok, apa hanya otot ketarik saja saja atau putus urat ligamen di belakang lutut ya. Tq informasinya dok

  8. nda

    Saya g banyak berjalan,,, hanya dirumah saja cuma sering berdiri dan gendong anak dgn berat 12kg
    Apakah itu juga penyebab nyeri betis yg saya alami????

  9. Farizal

    assalamualaikum dok!
    saya punya keluhan, tiap saya latiHan lari pasti betis saya terasa sangat nyeri. . . padahal saya mau daftar TNI AL, kalau terus2 gni kan repot dok!
    kemarin saya sudah priksa ke poli Ortopaedi dan di foto x ray, hasilnya tUlang kaki saya nOrmal.. kata dokternya.
    minta saranya doNg dok. apa obAt yg harus saya koNsumsi

    1. Dr. Eko

      Selamat malam Pak Arif,
      Maaf, berapa umur anda sekarang? Tubuh sebelah kiri seperti tanpa apa Pak?
      kapan anda dikatakan iritasi otot? apakah sdh periksa ke dokter?

      yang anda rasakan ngos-ngosan (nafas terasa berat) atau nyeri pada otot?
      Maaf kami kurang jelas

      terima kasih

  10. ade

    Kenapa ya.. Orang tua saya kalo berdiri tumitnya nyeri ato sakit, tapi kalau untuk tidur gak sakit, buat duduk kaki lurus jg gk sakit,, tapi kalo napak saja terasa sakit.. Apalagi untuk berdiri

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      nyeri sendi bisa disebabkan berbagai macam hal, berapakah usia orangtuanya ade? sudah berapa lama mengalami nyeri seperti ini? lokasi nyeri disebelah mana? kanan/kiri atau keduanya? apakah terasa lebih nyeri dipagi hari? apakah sudah pernah melakukan pemeriksaan asam urat dan kolesterol dan bagaimana hasilnya?

      untuk info lebih lengkap sebaiknya memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung terkait keluhan yang dialami.
      terimakasih

  11. Roostriyanti

    Yang saya rasakan hampir sama dengan sdr apih , klo berjalan kadang terasa seperti kedengklog bhs indonesianya apa ya mau jatuh terasa senut senut, trims

  12. Rahma riswalla

    Dokter Saya mau tanya..kenapa kaki saya sakit semua sehabis naek gunung Galunggung. Betis dan paha saya berasa ketarik.dibuat jalan sakit banget dokter..sudah diberi balsem..krim pegal dan koyo sakitnya tdk kunjung hilang..

Leave a Comment