informasi kesehatan


Sakit Otot Betis

Sakit Otot Betis

            

DokterSehat.com – Bagian belakang kaki terdapat otot-otot betis yang membentang antara lutut dan tendon Achilles. Terkadang bagian betis juga sering terasa nyeri, sakit, berdenyut, atau kesemutan. Nyeri atau rasa tidak nyaman ini bisa terjadi akibat trauma, cedera, olahraga, dan berjalan berlebihan.

Penyebab

Otot betis sakit bisa disebabkan oleh 2 faktor, yakni cedera atau kesehatan. Dalam hal ini cedera bisa disebabkan trauma otot betis. Sementara itu secara medis penyebab betis sakit adalah berbagai kondisi yang bisa menyebabkan sakit otot sebagai gejala.

Cedera:

  • Ketegangan otot betis merupakan cedera umum yang mengakibatkan rasa nyeri. Kondisi ini terjadi saat otot-otot betis latihan berlebihan dan robek sehingga mengakibatkan pembengkakan, memar, dan nyeri akut. Nyeri akan makin parah saat berjalan, melakukan peregangan, atau berjinjit.
  • Otot kram kejang dapat menyebabkan munculnya rasa sakit. Kram tidak selalu cedera, namun bisa diakibatkan latihan otot betis yang berlebihan.

 Medis:

  • Tendinitis Achilles merupakan iritasi atau peradangan yang terjadi pada tendon achilles. Keadaan ini bisa menimbulkan rasa sakit di betis dan rasa sakit akan bertambah saat berjalan atau melakukan latihan. Selain itu, kulit di atas tendon akan terasa hangat ketika disentuh.
  • Kista Baker bisa terbentuk akibatn adanya penumpukan cairan sendi di belakang lutut. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala seperti nyeri dan kekakuan pada kaki
  • Trombosis vena dalam merupakan penggumpalan darah di pembuluh darah dalam tubuh. Bila terbentuk di kaki maka bisa mengakibatkan nyeri betis DVT yang menimbulkan nyeri, perubahan warna kulit, kulit terasa hangat, dan pembengkakan.

Gejala

Penderita otot betis sakit tak hanya merasakan nyeri tapi juga mengalami perubahan fisik, seperti:

  • Demam
  • Perubahan warna kulit
  • Muncul rasa terbakar pada betis
  • Penurunan mobilitas
  • Nyeri sendi terutama di sendi kaki
  • Kejang otot kaki terutama di malam hari dan  bisa mengganggu tidur
  • pembengkakan

Pengobatan

Metode pengobatan untuk mengatasi sakit otot betis bisa dilakukan di rumah. Berikut ini beberapa metode yang harus dicoba dalam waktu 24 jam saat mengalami nyeri betis.

1. Segera beristirahat saat betis terasa nyeri. Cobalah untuk membatasi berjalan dan gerakan dalam 24 jam pertama untuk menghindari menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

2. Terapi dingin, kompreskan es atau perangkat lain yang dingin ke otot betis selama 15-20 menit setelah cedera atau muncul rasa sakit. Ulangi tiap beberapa jam selama 24 jam pertama. Es efektif dapat mengurangi pembengkakan dan memar.

3. Kompresi, bungkus perban kompresi sekitar betis untuk mencegah lanjut pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Perban ini tidak boleh dibungkus terlalu ketat atau terlalu longgar.

4. Istirahatkan pergelangan kaki sedikit lebih tinggi. Ini harus bertahan dalam posisi ini selama 24 jam untuk mengurangi pembengkakan.

Print Friendly


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

57 Responses to “Sakit Otot Betis”

  1. apih shakaone says:

    sakit otot betis,bersama jantung berdebar,sesak nafas.timbul rasa takut

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  2. inha says:

    Dok sy sering sakit di betis siang atau pun malam…sakitx itu sudah lama dok sejak sma skrng su sdh kerja kalau malam sebelum tidur aku kasi hot cream atau balsem karena kalau tdk di beri hoy cream tdk bisa tidur dok, itu pun kdng sy beri berulang kali …sy mau tanya apa penyebabnya dok n cara pengobatanya

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  3. Oti says:

    Dok, saya mau tanya, lusa saya mengalami kram pada betis kanan saya saat tidur malam
    Saya langsung bangun dan coba meluruskan kaki saya, kram itu hilang meski masih sedikit sakit
    Sampai sekarang kalau dipakai untuk jalan kaki kanan saya agak nyeri dok, itu bagaimana ya ?
    Terimakasih

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Anda bisa lakukan pengobatan di rumah terlebih dulu seperti yg disebutkan pafa artikel diatas. Bila tidak ada perbaikan segera ke dokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0