5 Cara Menghindari Sakit Kepala yang Muncul saat Puasa

doktersehat pusing saat puasa

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang kerap muncul saat puasa adalah pusing yang cukup menyiksa. Kondisi tubuh yang lapar serta tidak ada asupan cairan yang banyak menyebabkan tubuh bereaksi dengan cara yang cukup menyakitkan.

Kalau Anda tidak ingin mengalami gangguan saat puasa khususnya rasa pusing yang bisa mengganggu aktivitas hari, coba lakukan 5 hal di bawah ini.

  1. Minum air yang cukup

Pusing yang muncul bisa terjadi karena Anda kurang mendapatkan asupan air yang cukup. Meski puasa, 2 liter air atau 8 gelas air tetap harus masuk. Pembagiannya adalah 3-4 gelas saat sahur dan sisanya dibagi saat berbuka atau saat akan tidur.

Kalau tubuh tidak cukup air, kondisi dehidrasi akan terjadi. Hal inilah yang menyebabkan rasa pusing dari siang hingga sore.

  1. Kurangi minuman berkafeina

Kurangi minuman yang banyak mengandung kafeina seperti kopi atau minuman bersoda. Kandungan kafeina ini akan menyebabkan kecanduan dan memicu munculnya rasa pusing saat siang atau menjelang waktu ngopi yang biasanya Anda lakukan. Perbanyak air putih atau jus buah.

  1. Jaga gula darah

Jaga gula darah agar tidak naik cepat atau turun dan menyebabkan rasa pusing. Anda boleh makan manis, tapi diusahakan yang berasal dari buah seperti kurma. Meski boleh makan manis, jangan berlebihan juga agar kondisi gula darah tidak naik dan berpotensi memicu diabetes.

  1. Jangan banyak begadang

Jam bangun tidur dan istirahat akan berbeda saat sedang puasa. Untuk mengatasi kondisi ini istirahatlah yang berkualitas dan jangan begadang. Kalau ingin beribadah malam hari, usahakan istirahat dahulu agar tubuh tidak drop.

  1. Lakukan olahraga

Lakukan olahraga ringan meski puasa berjalan. Olahraga bisa dijalankan menjelang waktu berbuka atau malam setelah salat tarawih selesai.

Nah, adakah tips lain dari Anda agar tidak pusing selama puasa?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik