Sakit Kepala Bisa Diredakan Dengan Menggigit Pensil

DokterSehat.Com – Sakit kepala yang muncul tiba-tiba tentu bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan. Bagaimana tidak, jika sakit kepala muncul saat kita sedang bekerja atau bahkan saat sedang melakukan ujian, maka kita tentu akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi karena rasa sakit yang melanda. Yang menjadi masalah adalah, kadangkala kita tidak sempat untuk membeli obat sakit kepala. Apakah tidak ada cara lain untuk bisa meredakan rasa sakit kepala ini? Pakar kesehatan menyebutkan jika kita bisa saja melakukan sebuah tips sederhana dengan cara menggigit pensil.

doktersehat-penglihatan-mata-kabur-miopi

Pakar kesehatan dr Jane Leonard menyebutkan jika sakit kepala bisa dipicu oleh rasa lelah, stress, atau bahkan kecemasan. Sakit kepala akan muncul saat otot pada area wajah, leher, hingga kulit kepala mengalami kejang yang menmbulkan rasa nyeri. Dalam beberapa kasus, otot rahang juga akan mengalami ketegangan sehingga memicu rasa sakit kepala.

Untuk mengatasi masalah ini tanpa obat-obatan, Jane menyarankan kita untuk menggigit pensil. Ya, meskipun terkesan sepele, menggigit pensil saat sakit kepala berlangsung ternyata bisa membuat otot-otot pada rahang yang biasanya dipakai untuk mengunyah dan mengalami ketegangan sebelumnya menegang menjadi lebih kendur. Rahang yang tegang inilah yang ditengarai memiliki peran besar dalam menyebabkan sakit kepala terasa hebat. Dengan menggigit pensil, diharapkan mengendurnya ketegangan otot rahang akan meredakan sakit kepala.

Selain karena ketegangan pada otot rahang, pakar kesehatan juga menyatakan jika sakit kepala bisa disebabkan oleh faktor tekanan berlebihan pada leher. Selain dikarenakan oleh leher yang kaku karena terus-menerus menatap layar komputer atau gadget dalam waktu yang lama, kesalahan postur tubuh saat duduk juga ditengarai bisa menjadi penyebab sakit kepala. Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kita lebih baik dalam menata postur tubuh dikala duduk.