Sakit Kepala Bisa Diatasi Dengan Makan Pedas?

DokterSehat.Com– Tak hanya bisa membuat makanan yang kita konsumsi menjadi lebih mantap, banyak orang yang percaya jika makanan pedas seperti sambal bisa mengatasi sakit kepala. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-pusing-kepala-vertigo-berputar

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa cabai yang merupakan bahan utama dari sambal kaya akan capsaicin, kandungan yang bisa memberikan rasa pedas. Tak hanya pedas, capsaicin ini ternyata mampu membuat tubuh menjadi tak lagi sensitif pada rasa nyeri. Hal ini berarti, capsaicin memang bisa menjadi penekan rasa sakit pada tubuh, termasuk mengatasi sakit kepala.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di American Academy of Neurology, disebutkan bahwa menyemprotkan nasal spray yang berbahan capsaicin bisa menyembuhkan sakit kepala berjenis migrain dan cluster dengan cepat. Selain itu, mengkonsumsi makanan pedas juga bisa mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh masalah sinusitis. Hal ini disebabkan oleh kemampuan makanan pedas dalam mengencerkan lendir sehingga menurunkan sumbatan pada saluran pernafasan. Kondisi ini akan secara efektif menurunkan sakit kepala.

Penelitian lain juga membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan pedas bisa meningkatkan daya tahan tubuh meskipun belum diketahui secara pasti bagaimana hal ini bisa terjadi. Namun, pakar kesehatan menduga jika makanan pedas mampu membuat tubuh memberikan respons yang sama tatkala mengalami infeksi, luka, atau peradangan. Tubuh akan segera mengeluarkan senyawa kimia yang bisa melawan infeksi dan peradangan karena menganggap sensasi pedas sebagai ancaman bagi kesehatan tubuh.

Hanya saja, pakar kesehatan tidak merekomendasikan kita untuk selalu mengkonsumsi makanan pedas saat sakit kepala melanda mengingat tidak semua jenis sakit kepala bisa diredakan dengan makanan pedas. Selain itu, makanan pedas jika dikonsumsi berlebihan juga bisa memicu masalah pencernaan. Pakar kesehatan lebih menyarankan konsumsi obat yang bisa meredakan sakit kepala.