Nanti Malam Sahur, Pilih 4 Makanan Ini agar Puasa Pertama Tetap Kenyang

doktersehat-sahur-mengenyangkan
Photo Credit: Flickr.com/Geoff Stearns

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak ingin puasa puasa pertamanya lancar? Sudah menjadi bagian dari ibadah tahunan, namun puasa pertama pada bulan Ramadan selalu menantang ya. Agar puasa pertama kita besok lancar, salah satu kunci sukes puasa pertama sebenarnya bisa kita raih dengan menentukan makanan yang tepat saat sahur lho.

Ya, memilih makanan yang tepat saat sahur akan memberikan asupan gizi yang bisa bertahan lama dalam tubuh.

Lalu, apa saja sih makanan yang bisa memberikan rasa kenyang saat puasa pertama besok?

1. Pilih makanan berkarbohidrat kompleks yang tinggi serat

Jika Anda berencana sahur dengan makanan atau camilan manis yang mudah cokelat manis atau sirup, maka pada puasa pertama ini jangan dulu pilih makanan tersebut ya.

Pilihlah sumber karbohidrat yang merupakan karbohidrat kompleks yang tinggi serat. Nasi atau roti bisa menjadi pilihan karbohidrat kompleks yang baik, sedangkan nasi merah atau roti gandum bisa menjadi pilihan karbohidrat tinggi kompleks yang tinggi serat.

Makanan berkabrohidrat kompleks sangat dianjurkan karena akan dicerna oleh tubuh lebih lama dibandingkan karbohidrat sederhana sehingga tubuh tentu lebih kenyang.

Sedangkan makanan karbohidrat kompleks yang tinggi serat akan menambah rasa kenyang dalam tubuh sehingga kita akan kenyang lebih lama saat puasa pertama.

2. Jangan lupa protein nabati

Setelah memilih karbohidrat yang tepat, maka pilihlah pula lauk berprotein yang meningkatkan rasa kenyang.

Lauk protein hewani, seperti daging, ayam atau telur, tentu boleh dipilih namun agar asupan serat lebih tinggi maka lengkapi pula dengan lauk protein nabati dari kacang-kacangan ya.

Pilihlah lauk dari olahan kacang misalnya tahu atau tempe dalam porsi yang cukup yaitu 1-2 potong ukuran sedang.

Agar lebih lengkap camilan dari kacang seperti kacang kedelai atau edamame rebus sebanyak 1-2 tangkup tangan boleh pula dikonsumsi.

3. Sediakan buah

Bingung minuman apa yang tepat Anda pilih saat sahur nanti? Jus buah bisa jadi pilihan yang super sehat dan mengenyangkan lho.

Agar jus buah bisa meningkatan rasa kenyang dalam tubuh, usahakan membuatnya menjadi smoothies agar serat dan vitamin tetap terjaga.

Jika kulit buah bisa dikonsumsi, maka olahlah pula menjadi smoothies. Jangan lupa untuk memilih buah yang tinggi serat seperti apel, pir atau jambu biji ya.

Jika Anda tidak ingin mengolahnya sebagai jus, mengonsumsi buah secara langsung sebagai buah potong segar juga sama sehatnya kok.

4. Tingkatan jumlah sayuran

Jumlah serat dalam sayuran yang cukup tinggi membuatnya tidak boleh ketinggalan saat sahur nanti.

Tingkatkan porsi sayur menjadi 100-125 gram yang setara dengan lima sendok sayur berdaun yang direbus. Jika Anda kesulitan mengonsumsi sayur secara langsung dalam satu kali makan, maka Anda bisa menambahkan sayur dalam olahan jus.

Sayur berdaun, seperti bayam, kangkung atau selada air, mapuun sayur tidak berdaun misalnya wortel, kacang panjang, ketimun sama baiknya dipilih asalkan dalam porsi yang cukup ya.

Usahakan konsumsi sayur dalam metode rebus, kukus atau tumis ya. Hindari memasak sayur dengan metode berlemak seperti santan.

Lalu, menu apa saja sih yang bisa dipilih untuk sahur nanti?

Menu yang tepat dipilih tentu saja merupakan menu kombinasi dari bahan makanan di atas ya. Dua contoh menu yang bisa menjadi contoh adalah:

  • Nasi putih dengan ayam bakar, tempe bacem dan sayur bayam serta camilan kacang edamame rebus dan jus buah, atau
  • Roti gandum dengan telur dadar dan sayuran, timun, wortel dan selada, bisa diolah menjadi sandwich, serta salad buah dengan kacang-kacangan.

Dengan pilihan bahan makanan di atas maka kini puasa pertama Anda akan super sehat dan lancar, ‘kan?