Sadar Gak, Tiap Kali Menerima Telepon Kita Cenderung Seperti Ini?

DokterSehat.Com– Pernahkah anda penasaran dengan alasan mengapa kita tidak tidak boleh menelepon sambil mengemudi? Meskipun banyak orang yang yakin jika mereka masih bisa melihat jalan sambil menelepon, dalam realitanya perhatian kita teralihkan sehingga akan membuat kita lebih beresiko terkena kecelakaan. Tak percaya? Hasil penelitian yang dilakukan di Jepang ini mungkin akan mengubah persepsi anda.



Foto Credit: Carmudi

Dalam penelitian yang sebenarnya terlihat seperti melakukan hal yang iseng atau sedang bercanda ini, terlihat jelas di dalam video bahwa ada seseorang yang sedang menelepon yang akan menerima barang apa saja yang diberikan oleh orang lain di depannya. Yang luar biasa adalah, barang-barang yang diberi sangatlah beragam jenis dan ukurannya namun tetap saja diterima oleh orang yang sedang bertelepon tanpa adanya komplain apapun.

eksperimen-terima-telepon
Dalam video tersebut, terlihat jelas bahwa barang pertama yang diberi adalah sebuah mikrofon dan diterima dengan santai. Kemudian, barang berikutnya yang diberikan adalah bra yang tetap saja diterima tanpa ada pertanyaan apapun. Bahkan, saat orang di depannya terus memberikan barang lain layaknya es krim, piala dengan ukuran besar, atau bahkan anjing, semuanya terus saja diterima oleh orang yang sedang bertelepon.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa saat bertelepon, kita cenderung akan sangat fokus pada perbincangan di dalam telepon dan tidak begitu menyadari apa yang kita lakukan di dunia nyata. Hal ini ditunjukkan dengan hampir semua barang yang diterima oleh penelepon di penelitian ini. Hanya saja, hal ini hanya akan terjadi saat telepon ini dianggap sebagai hal yang penting atau berasal dari orang yang penting. Sebaliknya, jika yang menelepon dianggap kurang penting, maka kita justru akan kesulitan untuk berkonsentrasi dengan pembicaraan di telepon dan justru akan berusaha sebisa mungkin untuk segera menyelesaikannya.

Melihat adanya kemungkinan besar kita kehilangan perhatian di luar perbincangan telepon, ada baiknya memang kita tidak lagi menelepon saat mengemudi.