Sadar Gak, Saat Menguap Pendengaran Kita Menurun? Ternyata Ini Penyebabnya

menguap-ngantuk-doktersehat
Photo Credit: Positive Health Wellness

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, saat kita sedang menguap, pendengaran kita cenderung menurun seakan-akan ada yang mengganjal dan menutupi telinga kita. Apa sebenarnya penyebab dari hal ini?

Pakar kesehatan Robert Provine dari Maryland University, Amerika Serikat, telah melakukan penelitian tentang kebiasaan menguap manusia selama 30 tahun. Menurut Robert, menguap bisa menandakan tubuh yang sedang mengantuk, mengalami kelelahan, atau mengalami gangguan tidur. Biasanya, kita juga akan lebih sering mengalaminya saat malam hari atau setelah bangun tidur. Menguap sendiri sebenarnya adalah refleks yang dilakukan oleh tubuh kita saat kita sedang lelah, bosan, atau kekurangan asupan oksigen. Saat kita bosan atau kelelahan, maka nafas kita akan cenderung lebih lambat sehingga kadar oksigen di dalam tubuh pun akan menurun dengan signifikan.

Sementara itu, pakar kesehatan Andrew Gallup, PhD dari Princeton University, Amerika Serikat menyebutkan bahwa menguap mampu mendinginkan otak. Dengan melakukannya, rahang juga akan mengalami peregangan sehingga membuat aliran darah pada wajah, kepala, serta leher meningkat. Hal ini akan mengeluarkan hawa panas dari otak. Setelahnya, saat kita menarik nafas panjang yang akan membuat udara dingin segera memasuki arteri karotis dan mengarah ke otak sehingga mendinginkannya.

Lantas, apa kaitan antara menguap dengan pendengaran kita? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini disebabkan oleh adanya tabung eustachian, tabung yang menghubungkan telinga tengah dengan nasofaring yang terdapat pada bagian atas tenggorokan dan belakang rongga hidung. Tabung eustachian ini juga berkaitan dengan gendang telinga dan koklea telinga. Fungsi dari tabung ini juga adalah mengendalikan tekanan udara di bagian telinga tengah.

Seringkali, tabung ini dalam kondisi tertutup dan hanya akan terbuka saat kita mengunyah, menelan, menguap, atau mengembalikan kembali tekanan udara layaknya saat kita berada dalam pesawat terbang. Saat kita menguap, maka tabung eustachian akan terbuka dan menutup lubang telinga. Terhalangnya lubang telinga ini tentu akan membuat pendengaran kita menurun.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik