Sadar Bahaya Kanker Payudara Dan Cegah Dengan 4 Cara Ini

DokterSehat.Com – Penyakit Kanker seringkali diidentikan dengan kematian. Ketua Umum Cancer Information dan Support Center, Aryanthi Baramuli mengatakan selama ini banyak penderita yang ketika baru tahu mengidap penyakit itu langsung merasa terpuruk.

6

Dalam acara itu dikemukakan bahwa pengidap kanker, khususnya kanker payudara masih punya harapan tinggi untuk sembuh. Bahkan sampai stadium III pun masih sangat mungkin disembuhkan, ujar Wakil Ketua Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta, Ning Anhar.

Cara paling sering adalah dengan kemoterapi, ia sendiri yang berpengalaman sebagai pengidap mengatakan hanya butuh waktu 6 bulan sebelum akhirnya kembali normal.

Namun, untuk pencegahan ada beberapa cara yang termudah dan terbaik antara lain :

  • Makan banyak tanaman
    Tanaman dalam hal ini adalah buah dan sayur, diet dengan makan sayuran dna buah-buahan memang menjadi kunci utama menjaga kesehatan. Diet Mediterania memiliki visi misi yang sama, yaitu menerapkan makan makanan yang kaya sayur dan buah, porsi buah dan sayur yang banyak akan mampu melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh sekaligus mencegah penyakit.
  • Latihan fisik secara teratur
    Olahraga juga merupakan kunci kedua jika ingin sehat. Tidak diragukan lagi, membakar kalori dan membuat tubuh Anda tetap bugar bisa membuat tubuh tahan terhadap penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang makan buah dan sayur dengan diimbangi olahraga memiliki peluang lebih kecil terserang kanker payudara.
  • Tidur yang cukup
    Hal ini juga merupakan faktor penting penentu apakah tubuh Anda bisa terhindar dari penyakit atau tidak. Tidur sekitar 8 jam per hari akan memberikan waktu istirahat paling baik untuk tubuh dan otak, apalagi untuk meregenerasi sel rusak dan mati. Kurang tidur akan mengacaukan ritme sirkardian dan metabolisme tubuh Anda.
  • Menjaga berat badan sehat
    Ketika tubuh sudah mulai bergelambir dan berat badan lebih dari ideal, maka saatnya diet dan menurunkan beberapa kilo. Kelebihan berat badan memiliki risiko tinggi terserang kanker payudara dan mengembangkan penyakit serius lainnya.
Baca Juga:  Mengatasi Rambut Rusak dan Bercabang

Beberapa tips mencegah kanker payudara di atas mungkin sudah sering Anda dengar, namun juga seringkali diabaikan. Nah, yang Anda perlukan hanya diingatkan saja, dan membuat Anda sadar kembali akan bahayanya kanker payudara.