Saat Terkena Jerawat, Jangan Konsumsi Susu Terlebih Dahulu

DokterSehat.Com – Jerawat adalah salah satu masalah kesehatan kulit yang paling dibenci oleh manusia. Bagaimana tidak, adanya jerawat bisa membuat kulit wajah menjadi tak lagi menawan sehingga kepercayaan diri kita pun bisa menurun. Saat jerawat ini sudah kempes pun, kita masih bisa mendapatkan bekas jerawat yang berwarna kemerahan dan seringkali sulit untuk dihilangkan atau bahkan ditutupi dengan make-up. Sangat menjengkelkan, bukan?

doktersehat-susu-keju-telur

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada cukup banyak penyebab dari jerawat. Sebagai contoh, kita cenderung kurang baik dalam membersihkan kulit wajah sehingga wajah pun mudah kotor dan memicu munculnya jerawat. Namun, bagi kaum hawa, jerawat seringkali muncul karena mereka memakai peralatan make-up yang tidak cocok dengan kondisi kulit mereka. Selain itu, jerawat juga bisa muncul atau bahkan menjadi semakin parah andai kita mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Saat jerawat muncul, pakar kesehatan ternyata menyarankan kita untuk menghindari susu atau produk-produk turunannya. Jika kita melakukannya, maka kita bisa membuat jerawat menjadi lebih parah. Menurut dermatologis Paul Jarrod Frank, MD, produk susu dan turunannya layaknya yoghurt atau keju ternyata bisa membuat lebih banyak jerawat yang muncul mengingat di dalam makanan-makanan tersebut, kita bisa menemukan kandungan gula dan lemak yang akan membuat kulit pun akan lebih berminyak dan berlemak.

Frank berkata bahwa produk olahan susu memang mampu memicu peradangan pada kulit sehingga membuat kondisi jerawat semakin parah. Bagi mereka yang memiliki tubuh yang cenderung intoleran pada susu, ada baiknya makanan dan minuman ini sama sekali tidak dikonsumsi untuk menghindari munculnya jerawat.

Tak hanya susu, Frank juga menyarankan kita untuk menghindari gorengan demi mencegah jerawat semakin parah. Selain itu, ada baiknya kita juga menambah asupan air putih agar jerawat pun bisa segera sembuh.