Saat Stress, Ada Baiknya Kita Menghindari Makanan dan Minuman Berikut Ini

DokterSehat.Com– Saat kita sedang stress, tidak hanya suasana hati yang tidak karuan, kita juga cenderung sulit untuk mengendalikan diri, termasuk dalam hal menjaga pola makan. Cukup banyak orang yang akhirnya mengalihkan stress ini dengan cara mengkonsumsi makanan yang terasa enak atau justru yang kurang sehat layaknya junk food. Padahal, pada saat stress seperti ini, kita akan cenderung lebih mudah untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dengan berlebihan sehingga kita pun akan beresiko meningkatkan berat badan. Demi mencegah hal ini terjadi, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini saat sedang stress.

doktersehat-pusing-kepala

Makanan manis
Saat pikiran sedang tidak karuan, mengkonsumsi makanan manis layaknya cokelat, kue, biskuit, atau permen memang bisa membuat kita merasa lebih baik. Sayangnya, makanan-makanan manis ini biasanya kaya akan kandungan gula. Jika kita mengkonsumsi makanan manis ini secara berlebihan, maka dikhawatirkan kita akan meningkatkan resiko terkena obesitas, diabetes, hingga meningkatkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Jika kita ingin mengkonsumsi makanan manis, cobalah beralih pada buah-buahan segar dan manis layaknya mangga yang aman bagi kesehatan.

Gorengan
Kentang goreng dan berbagai gorengan memang sangat nikmat untuk dikonsumsi sebagai camilan. Sayangnya, menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Wake Forest University School of Medicine, mengkonsumsi kentang goreng dan gorengan lainnya saat stress atau suasana hati sedang tidak baik bisa membuat lemak lebih mudah menumpuk sehingga lebih cepat menaikkan berat badan.

Kopi
Banyak orang yang berpikir jika meminum kopi bisa membuat pikiran yang sebelumnya stress menjadi lebih tenang. Memang, kandungan kafein di dalam kopi bisa menurunkan stress, sayangnya, efek ini hanya akan berlangsung sementara saja. Jika kita meminum kopi yang juga ditambahi gula, maka bisa jadi kita justru akan menambah asupan kalori pada tubuh.

Baca Juga:  Sedang Kesal atau Kecewa? Atasi Dengan Mencuci Piring

Minuman bersoda
Meskipun menyegarkan, minuman bersoda sangatlah tidak baik untuk diminum saat sedang stress karena bisa menyebabkan perut kembung. Gantilah minuman bersoda dengan jus buah yang sama-sama menyegarkan namun lebih sehat bagi tubuh.