Saat Perut Kosong, Ada Baiknya Kita Tidak Melakukan Hal Berikut

DokterSehat.Com – Saat baru bangun tidur, seringkali perut kita berada dalam kondisi yang keroncongan. Karena alasan inilah ada baiknya kita segera mengkonsumsi sarapan yang sehat dan bergizi agar bisa mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktifitas. Hanya saja, tidak semua orang memiliki waktu untuk mempersiapkan atau mengkonsumsi sarapan pagi sehingga perutnya pun kosong dalam waktu yang lebih lama. Saat perut dalam kondisi kosong tersebut, ada baiknya kita menghindari hal-hal berikut ini karena kurang baik bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-stomach-perut-kembung-gendut-diabetes-obesitas-sindrom-metabolik

Meminum kopi atau teh
Karena ingin mendapatkan sensasi segar atau menghilangkan rasa kantuk, banyak orang yang segera meminum kopi atau teh sebelum sarapan pagi. Sayangnya, kebiasaan ini ternyata bisa meningkatkan keasaman pada perut sehingga kita pun bisa dengan mudah merasa mual-mual, mengalami perut yang panas, atau bahkan sembelit.

Berolahraga
Sebagian orang memilih untuk melakukan olahraga sebelum melakukan sarapan pagi karena berpikir jika perut yang penuh akan terasa tidak nyaman saat digunakan untuk berolahraga. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, berolahraga dalam perut yang kosong bisa membuat tubuh mudah lelah sehingga olahraga pun menjadi tidak maksimal dan kita pun tidak bisa melakukan aktifitas harian setelahnya dengan baik.

Minum obat
Memang, ada obat-obatan yang bisa dikonsumsi sebelum makan. Namun, ada baiknya kita tidak asal mengkonsumsi obat-obatan layaknya antibiotik atau asipirin karena hal ini bisa membuat saluran pencernaan teriritasi atau terkena mual-mual dan diare. Menurut pakar kesehatan, dengan makan sebelum meminum obat, kita bisa menurunkan efek samping dari kinerja obat tersebut.

Melakukan perjalanan
Beberapa orang memilih untuk tidak makan sebelum bepergian karena khawatir jika makanan yang mereka konsumsi akan keluar karena mabuk perjalanan. Padahal, anggapan ini salah besar. Karena kita belum makan, kita justru akan lebih mudah pusing dan mual-mual. Tak hanya itu, hal ini bisa membuat kita mudah kelelahan dan jatuh sakit.