Saat Memasak Ikan, Jangan Buang Kulit dan Matanya

DokterSehat.Com – Salah satu makanan yang memiliki nilai gizi yang sangat tinggi adalah ikan. Baik itu ikan air tawar ataupun ikan air laut, sangat direkomendasikan oleh pakar kesehatan untuk dikonsumsi mengingat banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan bagi tubuh. Tak hanya bergizi dan menyehatkan, ikan juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Namun, sayangnya kita cenderung hanya mengkonsumsi daging ikannya saja dan memilih untuk membuang kulit apalagi bagian kepalanya. Padahal, kulit dan kepala ikan ternyata memiliki banyak manfat jika dikonsumsi.

doktersehat-makan-ikan-omega3-vitamin

Prof. Dr. Ir. H. Hardiansyah, M.S yang berasal dari Pergizi Pangan berkata bahwa layaknya dagingnya, bagian kulit dan mata ikan ternyata kaya akan berbagai macam protein yang baik bagi tubuh. Tak hanya itu, di dalam kulit dan mata ikan kita bisa menemukan zat yang bernama lesitin. Zat lesitin ini dipercaya sangat baik untuk kesehatan sendi sehingga jika kita mengalami masalah radang sendi, kita bisa mengkonsumsi kulit ikan untuk meredakan masalah tersebut.

Menurut Prof. Hardiansyah, ikan laut cenderung memiliki kulit yang lebih tebal karena memiliki kandungan protein dan lestisin yang sangat tinggi. Jika kita membuang bagian tersebut karena menganggapnya tidak bisa dimakan, kita justru akan kehilangan asupan protein dan lestisin yang bisa mengatasi sekaligus mencegah radang sendi. Tak hanya itu, kita juga bisa kehilangan asam lemak omega 3 yang sudah dikenal luas sangat baik bagi kesehatan tubuh, khususnya otak.

Mata ikan dan kulit ikan biasanya diolah sebagai makanan berkuah yang memiliki rasa yang sangat nikmat. Memang, tekstur dan kekerasan dari mata atau kulit ikan ini tidak selembut daging ikan yang sangat lezat, namun, jika kita mengolahnya dengan benar, rasa dari mata dan kulit ikan ini juga bisa enak untuk dikonsumsi sehingga kita pun akan mendapatkan asupan yang bisa membuat kita tidak mudah terkena radang sendi.