Saat Ibu Menyusui Sakit, Masih Bolehkah Beri ASI?

DokterSehat.Com – Saat ibu sakit, pemberian ASI eksklusif msih tetap disarankan dan dizinkan. Jadi, bukan berarti harus menghentikan aktivitas menyusui. Cukup mengenakan masker dan rutin meminum obat, ibu bisa tetap memberikan yang telah menjadi hak bagi sang buah hati.

9

Ibu harus tahu, bukan berarti ketika sakit ia tidak memberikan ASI pada buah hati, karena takut anaknya menjadi sakit juga. Ibu boleh minum obat flu (kalau menderita flu) atau parasetamol, tidak akan menjadi masalah sama sekali.

Dr. Endang Lestari, Sp.A menjelaskan bahwa di dalam tubuh seorang ibu, terutama di dalam ASI, terdapat antibodi yang dapat diberikan ke anaknya, tanpa harus takut anaknya tertular penyakit yang tengah dideritanya. Antibody ini yang nantinya didapati si anak.

Berikut adalah gangguan kesehatan yang dialami oleh ibu menyusui dan cara mengatasinya :

  • Ibu Menyusui mengalami flu atau demam
    Anda dapat menggunakan masker untuk menghindari bayi anda tertular ketika sedang menyusui.Flu atau batuk seringkali saat mudah menyerang bayi anda, maka anda dapat mengkonsumsi obat penghilang gejala flu sesuai dengan resep dokter.
  • Ibu menyusui mengalami diare
    Diare dapat mengakibatkan dehidrasi sehingga ibu menyusui harus menjaga asupan cairan, atur pola makan anda untuk tetap menjaga tubuh anda. Hindari bahan makanan yang dapat memicu diare yang semakin parah, biasakan pula untuk mencuci tangan sehingga mengurangi penyebaran diare.
  • Ibu menyusui yang menderita hepatitis A
    Sampai saat ini masih belum ditemukan penularan hepatitis A melalui ASI, sedangkan untuk mencegah bayi tertular maka anda dapat rajin mencuci tangan ketika menyusui. Sedangkan konsumsi obat hepatitis A tidak akan mempengaruhi produksi dan kualitas ASI.
  • Ibu menyusui yang menderita diabetes
    Ibu yang terkena diabetes dapat dibantu dengan proses menyusui karena perubahan hormon di dalam tubuh akan mencegah meningkatnya kadar gula darah sehingga membuat lebih baik. Misalnya saja peranan hormon oksitosin yang dapat membantu untuk menghilangkan stress yang umum dialami oleh ibu hamil, sedangkan stress dapat memicu meningkatkan kadar gula dalam darah.Sehingga bagi ibu menyusui yang sedang sakit tidak perlu menghentikan proses menyusui karena dapat dilakukan pencegahan dan mengatasinya seperti poin-poin di atas. Begitupula dengan anggapan bahwa ASI dari ibu yang sedang mengkonsumsi obat harus dihindari hanya untuk jenis obat tertentu seperti diuraikan diatas hanya obat kankar. Apabila anda masih ragu dan mengalami kondisi tubuh yang semakin menggangu anda, konsultasikan dengan dokter.