Saat Hidung Tersumbat, Lakukan Tips Mudah Ini Untuk Mengatasinya

DokterSehat.Com – Meskipun termasuk dalam penyakit yang ringan, dalam realitanya pilek atau hidung tersumbat bisa membuat tubuh terasa tidak nyaman untuk melakukan berbagai macam hal. Bagaimana tidak, untuk bernafas saja kita akan merasa kesulitan, apalagi untuk melakukan aktifitas lainnya.

doktersehat-flu-pilek-infeksi-otak

Banyak orang yang berpikir bahwa hidung tersumbat disebabkan oleh bertambahnya produksi lendir pada hidung atau saluran pernafasan kita. Padahal, dalam realitanya, hal ini terjadi karena peradangan pada pembuluh darah yang memicu pembengkakan pada jaringan di dalam hidung. Selain itu, penyebab lain dari hidung tersumbat ini adalah adanya infeksi, alergi, atau bahkan cedera. Untuk mengatasi masalah hidung tersumbat yang sangat mengganggu ini, kita bisa melakukan beberapa tips seperti sebagai berikut.

Kompres hangat
Kita hanya perlu menyiapkan air panas dan tinggal mencelupkan handuk kecil bersih pada air panas tersebut. Handuk ini pun tinggal kita kompreskan pada hitung kita dan hidung pun akan menjadi lebih lega. Hanya saja, pastikan bahwa kompres ini tidak menghalangi saluran pernafasan. Saat dikompres, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam selama beberapa kali agar pernafasan bisa segera lebih lega.

Banyak air minum
Saat pilek atau hidung tersumbat, cobalah untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh. Dengan melakukannya, maka kelembapan tubuh bisa meningkat dan hal ini mampu menurunkan iritasi pada hidung. Selain itu, hal ini ternyata bisa mengatasi tekanan pada sinus. Tak hanya banyak minum air putih, pakar kesehatan juga menyarankan kita mengkonsumsi sup segar atau jus buah yang membantu mengatasi masalah hidung tersumbat.

Mandi air hangat
Mandi air hangat ternyata bisa membuat hidung kita menjadi lebih lega meskipun hanya untuk sementara. Uap air hangat ternyata mampu menurunkan ketebalan lendir pada hidung sekaligus mengatasi peradangan.

Baca Juga:  Gak Disangka, Minyak Kayu Putih Bisa Memberikan Manfaat Ini

Mengganti posisi tidur
Cobalah untuk menambahkan bantal agar kepala berposisi lebih tinggi sehingga lendir pun tidak akan begitu memenuhi hidung dan membuat hidung tersumbat.

Jika cara-cara ini tak kunjung membuat hidung menjadi lebih lega, ada baiknya kita langsung berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.