Saat Hamil, Payudara Ibu Akan Mengalami Perubahan Seperti Ini

DokterSehat.Com – Kehamilan memang akan membuat banyak sekali perubahan tubuh pada wanita. Salah satu bagian tubuh yang mengalami perubahan dengan signifikan adalah bagian payudara. Pakar kesehatan Mary Jane Minkin, M.D, yang berasal dari Yale University, berkata bahwa semenjak fase awal kehamilan, terjadi perubahan hormon pada wanita yang akan mengondisikan payudara agar siap untuk menyusui nantinya. Biasanya, saat usia kehamilan sudah mencapai enam minggu, ukuran payudara sudah lebih besar daripada ukuran normal. Selain itu, ada pula beberapa perubahan lain pada payudara saat hamil seperti sebagai berikut.

doktersehat-hamil-olahraga-yoga

Payudara terasa lebih berat
Saat hamil, terjadi peningkatan aliran darah dan jaringan kelenjar pada payudara sehingga payudara pun akan menjadi lebih berat. Peningkatan hormon progesterone dan estrogen juga akan membuat payudara dan keseluruhan tubuh ibu hamil menumpuk banyak cairan. Minkin sendiri menyebutkan jika rata-rata, ibu hamil akan meningkatkan berat payudaranya hingga 0,9 kg. Tak hanya berat, jaringan payudara yang semakin melebar akan memicu retensi cairan sehingga payudara lebih mudah terasa nyeri.

Puting payudara semakin gelap dan lebar
Tingginya kadar hormon estrogen ternyata membuat puting payudara cenderung lebih besar, melebar, dan berwarna lebih gelap. Kelenjar Montgomery, kelenjar di sekitar puting payudara, juga semakin membesar dengan tujuan melindungi puting agar tidak mudah kering.

Payudara terasa gatal
Karena ukuran payudara membesar, maka terjadi peregangan pada kulit yang bisa menimbulkan rasa gatal-gatal. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun rasa gatal ini sangat terasa, ada baiknya ibu hamil tidak menggaruknya dan cukup menggunakan losion atau pelembab untuk mengatasinya.

Muncul barik-barik pada payudara
Tak hanya gatal, pada permukaan payudara akan muncul barik-barik atau velny. Hal ini disebabkan oleh melebarnya pembuluh darah yang mendukung peningkatan aliran darah selama kehamilan. Alhasil, pembuluh darah terlihat lebih jelas dan memunculkan barik-barik ini.

Baca Juga:  Ini Perubahan yang Terjadi Pada Payudara Ibu Menyusui

Kondisi payudara ini bisa bertahan hingga ibu selesai menyapih sang buah hati. Setelah itu, ukuran payudara cenderung kembali layaknya sebelum hamil, meskipun payudara memang bisa lebih kendur dan bahkan meninggalkan stretch mark. Hal ini sangatlah normal dan tidak perlu dikhawatirkan oleh ibu.