Saat Diare, Kita Justru Sebaiknya Tidak Terlalu Banyak Minum Air Putih

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang akan segera menambah asupan air putihnya saat terkena diare. Hal ini dilakukan karena khawatir tubuh sampai mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi akibat seringnya frekuensi buang air besar. Namun, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita justru tidak terlalu banyak minum air putih saat terkena diare dan meminumnya sewajarnya saja. Apa alasan dari rekomendasi ini?

doktersehat-diare-penyakit-perut-bakteri-mencret

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa banyak minum air putih tidak akan membantu menghentikan diare dengan cepat. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya kandungan elektrolit di dalam air putih yang mampu menurunkan frekuensi diare. Hal ini sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh dr. F Safira Alatas, PhD, SpA(K) yang berasal dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran UI- Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo. Menurutnya, alih-alih mengkonsumsi air putih, ada baiknya kita minum oralit yang mengandung elektrolit dan gula dan bisa segera menghentikan diare.

Jika yang terkena diare adalah balita atau bayi, pemberian oralit tentu akan sangat sulit untuk dilakukan karena rasanya yang tidak enak. Untuk hal ini, ada baiknya orang tua segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan obat atau solusi yang tepat.

Selain tidak mengkonsumsi air putih dengan berlebihan, dr. Safira juga menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi minuman bersoda atau jus buah kemasan yang bisa membuat diare menjadi lebih parah.