Saat Batuk, Hindari Makanan dan Minuman Berikut

DokterSehat.Com – Batuk adalah salah satu penyakit yang kerap muncul tatkala musim hujan melanda seperti sekarang ini. Meskipun kerap dianggap sebagai penyakit yang ringan, dalam realitanya batuk akan membuat kita sangat menderita, apalagi jika tenggorokan terasa sangat gatal dan batuk bisa membuat kita menggonggong. Selain mengkonsumsi obat untuk meredakannya, pakar kesehatan sangat menyarankan kita untuk menghindari makanan dan minuman berikut ini agar batuk bisa segera disembuhkan. Apa sajakah makanan dan minuman tersebut?

doktersehat-sakit-flu-batuk-orang-tua-penumonia-tersedak

Gorengan
Makanan pertama yang harus kita hindari tatkala batuk menyerang adalah gorengan. Senikmat apapun rasa gorengan hangat tatkala hujan tiba, tingginya kadar minyak dalam makanan ini akan membuat tenggorokan kita semakin tidak nyaman dan batuk pun akan semakin sulit disembuhkan.

Susu
Banyak orang yang menambah asupan susu saat sakit, termasuk saat batuk, dengan tujuan membantu penyembuhan penyakit. Sayangnya, saat batuk, tenggorokan kita akan penuh dengan dahak yang berlendir, tebal, dan lengket. Andai kita tetap mengkonsumsi susu, yang terjadi adalah protein dari minuman ini akan membuat produksi lendir ini semakin banyak dan membuat saluran pernafasan kita menjadi semakin berat.

Mangga, jeruk, dan pisang
Banyak orang yang berpikir jika andai mengkonsumsi buah-buahan secara rutin, maka sistem kekebalan tubuh semakin membaik dan batuk puk pun bisa segera mereda. Sayangnya, beberapa jenis buah layaknya mangga, jeruk, dan pisang justru sangat tidak disarankan tatkala kita sedang batuk. Bagaimana tidak, buah-buahan ini kaya akan asam yang bisa membuat masalah acid reflux yang bisa membuat kondisi batuk dan tenggorokan semakin parah. Pakar kesehatan lebih merekomendasikan buah-buahan layaknya pir atau semangka.

Minuman berkafein
Saat batuk, kita tentu disarankan untuk lebih banyak minum. Namun, bukan berarti kita bisa sembarangan meminum air. Minuman berkafein layaknya kopi, teh, atau minuman bersoda bisa membuat tubuh dehidrasi dan membuat batuk semakin sulit disembuhkan. Ada baiknya kita justru memperbanyak asupan air putih saja demi membantu penyembuhan penyakit ini.