Saat Bangun Tidur Ingin Kentut Dengan Keras? Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku selalu ingin mengeluarkan kentut dengan suara yang keras setelah bangun tidur. Setelah melakukannya, perut pun merasa menjadi lebih lega meskipun memang kadangkala akan mengaktifkan keinginan untuk melakukan buang air besar. Sebenarnya, apa penyebab dari keinginan untuk kentut setelah bangun tidur?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun saat tidur saluran pencernaan kita cenderung bekerja dengan lebih lambat dari biasanya, tetap saja sistem pencernaan masih dalam kondisi aktif. Hanya saja, karena kinerjanya yang lebih lambat, ada baiknya memang kita tidak mengkonsumsi makanan beberapa saat sebelum tidur karena berbagai enzim dan asam pada perut tidak benar-benar berfungsi sehingga tidak akan mencerna makanan dengan baik.

Jika kita mengkonsumsi makanan dekat dengan waktu tidur di malam hari, atau mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu produksi gas di dalam perut dengan berlebihan layaknya kacang-kacangan, sayuran kol, brokoli, dan kubis, serta minuman bersoda, maka besar kemungkinan perut kita akan terasa kembung dan ingin buang angin dengan keras saat bangun tidur.

Pakar kesehatan dr. Eko Budidharmaja menyebutkan bahwa saat bangun pagi, tubuh akan melakukan refleks pada perubahan posisi dari yang sebelumnya tidur atau berbaring menjadi duduk atau berdiri berupa aktifnya gerakan peristaltik usus. Tak hanya akan membuat kita ingin buang angin, hal ini juga akan membuat kita mulai merasakan keinginan buang air besar. Karena alasan ini pula kita cenderung lebih sering ingin buang air besar di pagi hari.

Mengingat ada banyak manfaat dari mengeluarkan kentut, jangan ragu jika ingin melakukannya saat bangun pagi meskipun suaranya keras. Hanya saja, jika anda anda tidur bersama dengan orang lain, ada baiknya anda melakukannya di luar kamar atau jauh dari orang lain agar suara dan baunya tidak mengganggu.