Saat Asam Lambung Kumat, Hindari Makanan-Makanan Ini

DokterSehat.Com– Gangguan asam lambung adalah salah satu masalah kesehatan yang paling menjengkelkan. Bagaimana tidak, perut akan terasa sangat tidak nyaman dan membuat aktifitas kita menjadi terganggu. Yang menjadi masalah adalah, kadangkala kita menjadi ragu untuk makan atau minum karena khawatir jika apa yang kita konsumsi justru semakin memperparah masalah asam lambung ini.



Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari berbagai makanan dan minuman berikut ini saat terkena gangguan asam lambung.

Makanan olahan
Beberapa jenis makanan olahan seperti keripik, kerupuk, atau makanan kemasan ternyata kaya akan kandungan garam yang tinggi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia, disebutkan bahwa konsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi bisa memicu atau memperparah masalah asam lambung sehingga sebaiknya kita hindari.

Telur
Mengkonsumsi telur ternyata bisa saja memperparah masalah asam lambung. Hanya saja, jika anda memang sedang ingin mengkonsumsi lauk yang nikmat ini, makan putih telurnya saja yang cenderung memiliki jumlah lemak yang lebih rendah.

Pemanis buatan
Mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki bahan pemanis buatan bisa memicu masalah asam lambung.

Produk susu
Meskipun termasuk dalam bahan makanan yang sehat, dalam realitanya susu memiliki kandungan lemak yang bisa meningkatkan produksi asam lambung. Sebagian orang bahkan bisa mengalami reaksi negatif pada perut seperti intoleransi laktosa. Melihat adanya fakta ini, kita bisa memilih susu dengan kadar lemak yang rendah atau mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit agar tidak terkena masalah asam lambung.

Minuman berkafein
Minuman dengan kandungan kafein layaknya kopi, teh, atau minuman bersoda bisa meningkatkan produksi asam lambung, khususnya jika dikonsumsi setelah makan. Ada baiknya kita membatasi asupan minuman ini jika sedang mengalami masalah asam lambung.