Rutin Minum Susu Berarti Terbebas Dari Osteoporosis? Belum Tentu

DokterSehat.Com – Susu adalah minuman yang dikenal luas sebagai sumber kalsium tinggi yang tentu akan sangat baik bagi kesehatan tulang. Karena alasan inilah banyak orang yang ingin mencegah masalah pengeroposan tulang atau osteoporosis dengan cara rutin mengkonsumsi susu. Namun, sebuah pertanyaan muncul, apakah dengan mengkonsumsi susu kita sudah cukup efektif mencegah osteoporosis?

doktersehat-tulang-keropos-osteoporosis

Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun kita rutin meminum susu, kita ternyata belum tentu terbebas dari resiko terkena osteoporosis. Pakar kesehatan dr. Nandita Shah dari India, menyebutkan jika sebenarnya susu tidak sebegitu berguna bagi kesehatan tulang sebagaimana yang kita pikirkan. Menurut beliau, banyak orang yang sudah meminum susu tetap saja mengalami pengeroposan tulang saat usianya menua. Menurut dr. Shah, hal ini terjadi karena kita sendiri salah memahami tentang osteoporosis sebagai masalah kesehatan yang disebabkan karena kekurangan asupan kalsium. Padahal, osteoporosis sebenarnya terjadi karena hilangnya asupan kalsium dari dalam tubuh secara signifikan.

Dr. Shah menyebutkan jika tubuh kita memiliki sifat alkalin, dimana andai kita mengkonsumsi makanan yang bersifat asam, maka kalsium yang ada pada tulang akan digunakan untuk menetralisirnya. Padahal, makanan-makanan yang bisa membuat tubuh mengambil kalsium dari tulang cukup sering kita konsumsi sehari-hari layaknya daging ikan, daging ayam, teh, kopi, minuman bersoda, keju, minuman beralkohol, hingga garam atau gula.

Untuk mencegah masalah osteoporosis di usia lanjut, kita memang sebaiknya tetap mengkonsumsi susu secara rutin yang akan memberikan banyak kebaikan bagi tubuh kita dan rutin berolahraga. Selain itu, konsumsilah beberapa makanan yang akan mendukung kesehatan tulang dan mencegah hilangnya kadar kalsium layaknya almond, selada air, kacang hazelnut, sayuran selada dan kale, sayuran bit, atau apricot kering. Dengan mencukupi kebutuhan makanan-makanan sehat tersebut, maka tulang kita akan terjaga kesehatannya hingga usia tua.