Jaga Kesehatan Mata dengan Rutin Minum Kopi

Doktersehat - Kopi
Photo Credit: Flickr.com/waferboard

DokterSehat.Com– Selain bermanfaat untuk menambah energi, mengurangi risiko diabetes, dan menjaga kesehatan jantung, ternyata kopi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah studi terbaru dari Cornell University menemukan bahwa, minum kopi setiap hari memiliki efek positif pada kesehatan mata.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry ini mengungkapkan, bahan utama dalam kopi mentah yaitu—chlorogenic acid (CGA)—dapat melindungi mata dari kemungkinan kebutaan akibat degenerasi retina karena glaukoma, penuaan atau diabetes.

Uji coba penelitian dilakukan pada seekor tikus, di mana para periset memberikan mata tikus nitric oxide, untuk menciptakan stres oksidatif dan radikal bebas yang menyebabkan degenerasi retina. Namun, saat mata tikus yang diobati dengan CGA, kerusakan retina justru tidak terjadi.

Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa CGA dapat menjadi neuroprotektan yang kuat untuk mencegah hipoksia, kondisi kurangnya pasokan oksigen di sel dan jaringan tubuh untuk menjalankan fungsi normalnya. Hipoksia merupakan kondisi berbahaya karena dapat mengganggu fungsi otak, hati, dan organ lainnya dengan cepat.

Retina, lapisan tipis di belakang mata yang terbuat dari sel-sel yang peka cahaya dan sel-sel saraf lain yang bertanggung jawab untuk menerima dan mengatur informasi visual—rentan terhadap hipoksia.

“Retina adalah salah satu jaringan yang paling aktif secara metabolik di dalam tubuh, mengonsumsi oksigen lebih cepat daripada jaringan lain, termasuk otak,” kata para peneliti.

“Oleh karena itu, rentan terhadap berbagai penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif, termasuk degenerasi makula terkait usia, retinopati diabetik, dan glaukoma—di mana semuanya dapat menyebabkan kebutaan parsial,” para peneliti menambahkan.

Sementara itu, Robert Bittel, O.D., dari Health Promotions Committee, American Optometric Association mengungkapkan, meski penelitian ini menjelaskan manfaat dari minum kopi, ia menyarankan untuk melakukan penelitian lanjutan.

“Seperti halnya studi yang meneliti barang-barang makanan yang umum digunakan sebagai terapi dalam beberapa cara, kehati-hatian harus diambil sehingga publik memahami sisi negatif serta implikasi positif dari minum kopi,” kata Dr Bittel.

Manfaat Minum Kopi

Secara biologis, kopi mengandung ribuan komponen. Sebagian komponennya bersifat aktif dan dapat memengaruhi kesehatan manusia.

Beberapa komponen aktif yang terdapat dalam kopi adalah kafein, asam klorogenat, melanoids, kahweol, dan cafestol. Efek biologis kopi meliputi stimulasi sistem saraf sehingga mencegah kantuk, mengurangi radikal bebas dan peradangan dalam tubuh, serta bersifat antikanker. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari kopi, antara lain:

  • Menurunkan risiko diabetes

Manfaat kopi bagi kesehatan yang mungkin bisa didapatkan salah satunya adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Sebuah studi mengungkapkan, mengonsumsi kopi lebih dari satu cangkir tiap hari selama empat tahun—memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 lebih rendah sebesar 11 persen jika dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan perubahan konsumsi kopi.

  • Menurunkan risiko Parkinson

Sebuah penelitian mengungkapkan, selain mengurangi risiko terkena penyakit Parkinson, konsumsi kopi juga bermanfaat bagi mereka yang sudah menderita penyakit ini. Penelitian juga menyatakan kandungan kafein di dalam kopi dianggap mampu membantu para penderita Parkinson dalam mengontrol gerakan.

  • Menjaga kesehatan jantung

Minum kopi dalam jumlah sedang dapat melindungi seseorang dari kemungkinan terkena gagal jantung. Adapun jumlah sedang tersebut setara dengan dua cangkir kopi. Sementara mereka yang mengonsumsi empat cangkir kopi tiap hari menurunkan kemungkinan terkena gagal jantung turun hingga 11 persen dibandingkan kelompok yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali. Meski kopi menunjukkan hasil positif bagi jantung, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

  • Menurunkan risiko penyakit organ hati

Menurut sebuah penelitian, kopi bisa mencegah seseorang untuk terkena fibrosis hati. Fibrosis hati adalah tahap awal penyakit gangguan hati yang dikenal dengan sirosis. Kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi diyakini oleh para ahli dalam penelitian ini mampu melindungi organ hati dari kerusakan. Meski kopi memiliki manfaat, orang yang punya penyakit hati harus membatasi minum kopi. Para ahli berpendapat bahwa minum kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir per hari.