Rutin Mengkonsumsi Bayam Sangat Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Sebagai salah satu jenis sayuran yang sangat disukai oleh masyarakat, bayam ternyata memiliki berbagai kandungan nutrisi yang akan sangat baik jika sering dikonsumsi. Dalam sayuran bayam sendiri kita bisa menemukan berbagai vitamin dan mineral. Selain itu, bayam yang cenderung rendah kalori ternyata juga menjadi makanan yang sangat direkomendasikan untuk program diet.

doktersehat-sayur-bayam-sehat-mutrisi

Pakar diet menyebutkan jika konsumsi bayam secara rutin akan membuat kita bisa menurunkan berat badan dengan signifikan. Bagaimana tidak, bayam yang kaya akan kandungan serat akan membuat kita kenyang dalam waktu yang lama sehingga tidak akan mudah tergoda mengkonsumsi camilan tidak sehat. Bayam juga kaya akan kandungan vitamin K sehingga termasuk dalam makanan yang menyehatkan tulang dan mencegah osteoporosis.

Bayam ternyata juga memiliki kadar zat besi yang sangat tinggi. Dengan rutin mengkonsumsi bayam, tubuh pun akan semakin lancar dalam melakukan regenerasi sel darah merah sehingga kita pun tidak akan mudah terkena anemia. Bayam juga kaya akan vitamin C yang membuat daya tahan tubuh kita meningkat. Beta karotenoid dan vitaimin A yang dikandung pada bayam juga akan membantu kita menjaga kesehatan penglihatan.

Bagi ibu hamil, konsumsi bayam sangatlah direkomendasikan setiap hari karena berbagai nutrisinya sangat baik untuk tumbuh-kembang janin. Sebagai contoh, vitamin A dari bayam akan membantu perkembangan paru-paru janin di masa kehamilan, sementara itu, asam folat juga akan sangat baik dalam mencegah bayi yang terlahir dengan kecacatan. Bayam sendiri kaya akan kandungan anti oksidan, klorofil, dan flavonoid yang akan sangat baik dalam mencegah terbentuknya sel kanker yang berbahaya.

Hanya saja, ingatlah bahwa konsumsi bayam haruslah saat kondisinya masih segar. Pakar diet menyebutkan jika setelah 6 jam, bayam biasanya akan teroksidasi dan berbahaya jika dikonsumsi. Hal ini berarti, ada baiknya kita segera mengkonsumsinya setelah bayam dimasak hingga matang.