Rutin Makan Bit, 7 Dampak Baik Akan Terjadi pada Tubuh Anda

DokterSehat.Com– Bit atau beetroot adalah sejenis sayuran yang memiliki umbi bewarna keunguan, yang mengandung serat yang tinggi, kaya zat besi, dan zat bermanfaat lainnya. Oleh karena itu bit diyakini mampu mencegah berbagai macam penyakit seperti sembelit, kolesterol, anemia, lever hingga kanker. Tanaman ini juga kaya akan karbohdirat yang mudah menjadi energi serta zat besi yang membantu darah mengangkut oksigen ke otak.

bit-doktersehat

Sayuran bit sangat layak menjadi pendamping di tengah makanan sehat. Tidak hanya penuh dengan nutrisi, bit penting untuk asupan sehari-hari karena mengandung vitamin B, zat besi, mangan, tembaga, magnesium, dan potassium.

Bit juga merupakan sumber nutrisi kesehatan yang mungkin tidak Anda dapatkan di makanan lain. Berikut adalah beberapa hal hebat dan mengejutkan yang terjadi pada tubuh Anda saat Anda makan bit.

1. Tekanan darah membaik
Bit kaya akan nitrat, yang diubah tubuh menjadi oksida nitrat —senyawa yang melemaskan dan melebarkan pembuluh darah, mengubahnya menjadi saluran bagus untuk nutrisi dan kaya oksigen Anda. Itu berarti sirkulasi lebih baik, dan mungkin menurunkan tekanan darah.

doktersehat-Aneurisma-jantung-aorta

Sebuah penelitian yang sangat kecil dari tahun 2012 menemukan bahwa 13 pria yang meminum satu gelas jus bit dapat menurunkan tekanan darah sistolik mereka rata-rata 4 sampai 5 poin. Studi lain yang dipublikasikan di Hipertensi tahun 2008 menemukan bahwa orang-orang yang meminum jus akar merah ini memiliki penurunan 10 mmHg dalam tekanan darah dan sedikit pembekuan darah tiga jam kemudian, dibanding mereka yang minum air putih.

2. Risiko penyakit jantung turun
Bit tidak hanya memiliki dampak positif pada tekanan darah Anda. Mereka juga kaya akan alkaloid tumbuhan yang disebut betaine, serta folat vitamin B, yang bersama-sama menghasilkan tekanan dua kali untuk menurunkan kadar homosistein dalam darah, yang pada tingkat tinggi meningkatkan risiko kerusakan arteri dan penyakit jantung.

doktersehat-kesehatan-jantung

3. Memperbaiki stamina tubuh Anda
Saat atlet kencing di cangkir untuk tes obat bius, mungkin berwarna merah. Mengapa? karena banyak atlet makan bit, mereka tahu penelitian menunjukkan bahwa nitrat meningkatkan kinerja daya tahan tubuh dan bit mengandung pigmen yang mengubah warna urin menjadi merah muda.

doktersehat-olahraga-gym-sehat

Dalam sebuah penelitian, pesepeda yang meminum jus bit bisa mengayuh 15 persen lebih lama dalam tempo percobaan sampai kelelahan. “Dibutuhkan sekitar tiga sampai lima bit untuk mendapatkan dorongan kinerja.” kata penulis studi Andy Jones, PhD, dekan penelitian di College of Life and Environmental Sciences, University of Exeter. “Tingkat nitrat puncak terjadi dua sampai tiga jam setelah Anda makan atau meminumnya,” katanya.

Baca Juga:  Jus bit dapat meningkatkan stamina pada atlit

4. Otak Anda bisa bekerja lebih baik
Oksida nitrat melemaskan dan melebarkan pembuluh darah Anda, yang pada gilirannya meningkatkan aliran darah ke otak, yang bisa menghasilkan fungsi otak yang lebih baik. Itu sangat penting seiring bertambahnya usia, karena penelitian menemukan bahwa kemampuan kita untuk menghasilkan oksida nitrat berkurang seiring bertambahnya usia, seiring dengan metabolisme energi dan aktivitas neuron otak kita. Jadi, berikan dorongan pada otak Anda dengan bit.

doktersehat-lesi-otak-delirium-penurunan-fungsi

Dalam satu penelitian kecil di tahun 2010, 14 pria dan wanita berusia lanjut (usia rata-rata 74 tahun) yang mengonsumsi makanan tinggi nitrat, termasuk jus bit, selama dua hari menikmati lebih banyak aliran darah ke lobus frontal otak mereka —sebuah wilayah yang diketahui terlibat dengan kemampuan berfungsi eksekutif seperti fokus, organisasi, dan perhatian terhadap detail-daripada saat mereka mengonsumsi makanan rendah nitrat.

5. Meringankan kerja hati
Hati Anda melakukan pekerjaan berat membersihkan darah dan “detoksifikasi” tubuh Anda. Anda dapat meringankan bebannya dengan porsi bit setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa betaine, asam amino yang ditemukan dalam bit (seperti bayam) dapat membantu mencegah dan mengurangi akumulasi lemak di hati.

Studi pada hewan menunjukkan bahwa tikus yang diberi jus bit memiliki tingkat enzim detoksifikasi yang lebih tinggi dalam aliran darah mereka. Penelitian pada penderita diabetes menunjukkan bahwa betaine memperbaiki fungsi hati, sedikit menurunkan kolesterol dan mengurangi ukuran hati.

6. Anda akan lebih baik dalam memerangi penyakit kronis
Bit juga kaya akan betalains, satu kelas antioksidan kuat dan anti-inflamasi yang melawan penyakit kronis radikal bebas dan inflamasi terkait seperti penyakit jantung, obesitas, dan kemungkinan kanker.

doktersehat-orangtua-lansia-olahraga

Berbicara tentang kanker, penelitian menunjukkan bahwa betacyanin, pigmen yang memberi bit warna ungu yang cantik dapat membantu melindungi dari karsinogen umum; itu juga menunjukkan harapan terhadap sel kanker payudara yang tumbuh dengan laboratorium dan saat ini sedang diselidiki sebagai pejuang kanker.

7. Memperbaiki pencernaan
“Salah satu cara untuk mengalahkan ketidakteraturan dan konstipasi adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti bit,” kata Leslie Bonci, RD, ahli gizi olah raga di Pittsburgh Active Company.

doktersehat-kanker-usus-besar-stroke-Kolitis-Iskemik-nyeri-dada-Inkontinensia-Usus

 

Satu cangkir bit memberikan sekitar 4 gram serat makanan, terutama serat yang tidak larut, yang membantu mengurangi risiko sembelit, wasir, dan divertikulitis. Betaine yang ditemukan dalam bit juga telah terbukti memperbaiki pencernaan. Perhatikan saja, kencingmu akan menjadi merah muda. Dan jangan khawatir jika melihat kotoran berwarna cokelat 24 sampai 72 jam setelah makan bit.