Rutin Berjalan Kaki Bisa Membuat Kita Menjadi Lebih Kreatif

DokterSehat.Com– Salah satu olahraga yang paling sederhana untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Bagaimana tidak, kita bisa dengan mudah melakukannya dimana saja tanpa perlu mempersiapkan banyak hal. Cukup dengan memakai pakaian yang nyaman atau sepatu olahraga, maka kita bisa berjalan kaki sambil menikmati pemandangan terbuka. Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, pakar kesehatan menyebutkan bahwa berjalan kaki ternyata bisa memberikan manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut adalah dengan membuat fungsi otak menjadi semakin maksimal sehingga kita pun menjadi lebih kreatif.

doktersehat-jalan-kerja-sehat

Fakta menarik ini dikemukakan oleh pakar kesehatan dari Stanford University pada tahun 2014 lalu. Menurut pakar kesehatan, berjalan kaki bisa membuat jantung dan kelenjar keringat bekerja dengan optimal. Alhasil, hal ini ternyata bisa berimbas positif pada meningkatnya ukuran hippocampus pada otak. Sebagai informasi, hippocampus adalah bagian otak yang memiliki peran besar dalam hal belajar atau memori verbal. Dengan bertambahnya ukuran dan fungsi hippocampus, maka kita pun bisa menjadi lebih kreatif sekaligus menurunkan resiko penurunan kognitif yang kerap terjadi pada mereka yang sudah lanjut usia.

Penelitian lain yang juga dilakukan untuk mencari tahu manfaat berjalan kaki juga dilakukan di Australia pda tahun 2015. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa berjalan kaki secara rutin ternyata bisa menurunkan resiko terkena kematian dini dengan signifikan. Fakta ini didapatkan setelah para partisipan diminta untuk berjalan kaki setidaknya seribu langkah dalam sehari atau 10 ribu langkah selama 7 hari. Hasilnya adalah, para partisipan ini bisa menurunkan resiko terkena kematian dini hingga 12 persen. Bagi mereka yang merokok atau mengalami obesitas, berjalan kaki juga disebut-sebut bisa mengurangi kebiasaan merokok atau menurunkan berat badan dengan signifikan.

Baca Juga:  Manfaat South Beach Diet

Mengingat gaya hidup modern manusia yang membuat kita cenderung lebih jarang berjalan kaki, pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk berjalan kaki sekitar 3 ribu langkah setiap minggunya agar tubuh tetap sehat dan bugar.