Rumpu Laut, Bahan Alami Untuk Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com – Kita mengenal rumput laut sebagai salah satu bahan alami yang bisa dijadikan sebagai agar-agar. Tak hanya itu, rumput laut juga bisa kita jadikan campuran dari minuman layaknya es buah yang tentu akan sangat segar untuk dikonsumsi di udara yang cukup panas. Rumput laut sendiri dikenal luas sebagai bahan makanan yang kaya akan serat sehingga mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Tak hanya itu, baru-baru ini rumput laut dianggap sebagai bahan alami yang bisa membantu menurunkan berat badan.

doktersehat-cherry-rumputlaut

Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Food Chemistry. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa andai kita mengkonsumsi serat rumput laut dalam jumlah yang sedikit saja, maka kita sudah mampu menghambat penyerapan lemak di dalam usus hingga lebih dari 30 persen dengan lebih baik. Hal ini berarti rumput laut memang bisa membantu kita menurunkan berat badan atau menjaganya dengan tetap ideal.

Pakar kesehatan menyebutkan jika tubuh manusia memang membutuhkan lemak demi membantu produksi hormon dan menjaga tubuh tetap sehat adanya. Sayangnya, bagi mereka yang sudah mengalami masalah kelebihan berat badan atau obesitas, ada baiknya mereka tidak mengkonsumsi makanan berlemak tersebut dan mencoba untuk menurunkan berat badan ini dengan mengkonsumsi makanan sehat dan kaya serat layaknya rumput laut.

Melihat adanya kebaikan dari rumput laut ini, pakar kesehatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau FDA pun menyetujui produksi pengobatan obat yang bisa menghambat penyerapan lemak pada usus. Obat ini sendiri didapatkan dari ekstrak rumput laut. Dengan menerapkan pola makan yang sehat dengan kadar gizi seimbang, konsumsi obat khusus dari bahan dasar rumput laut, dan berolahraga secara teratur, maka berat badan pun akan bisa secara efektif berkurang dengan signifikan.