Rumah Berdebu Akibat Jarang Dibersihkan Ternyata Bisa Membuat Kita Lebih Gemuk

DokterSehat.Com– Apa yang akan anda lakukan di akhir pekan? Mengunjungi tempat wisata atau pusat perbelanjaan dengan keluarga? Bermalas-malasan saja di rumah? Atau justru memilih untuk bersih-bersih rumah? Meskipun terlihat sebagai hal yang merepotkan, bersih-bersih rumah di akhir pekan sebenarnya adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan. Tak hanya membuat rumah menjadi bersih dan rapi, hal ini juga akan membuat kita bergerak layaknya melakukan olahraga. Bahkan, menurut sebuah penelitian terbaru, bersih-bersih rumah akan membuat rumah terbebas dari debu yang bisa membuat kita semakin gemuk.

doktersehat-dapur-bersih-bakteri

Meskipun terlihat tidak berkaitan, penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari American Chemical Society ini menyebutkan fakta mengejutkan dimana debu di dalam rumah ternyata bisa mempengaruhi pertumbuhan sel lemak. Dalam debu ini, ditemukan adanya senyawa bernama endocrine-disrupting chemicals atau EDCs. Bahan kimia ini mampu mempengaruhi endokrin yang berkaitan erat dengan hormon, khususnya pada sistem endokrin dan kelenjar endokrin yang berada di otak kita. Kadar EDCs yang ada pada debu di dalam rumah kita ini ternyata mampu merangsang sel lemak di dalam tubuh untuk terus berkembang dalam jumlah yang lebih banyak dengan cara membelah diri.

Fakta ini ditemukan setelah para peneliti menambahkan debu dengan sel lemak yang terdapat dalam cawan petri. Hasilnya adalah, sel lemak ini terus bertambah dan menjadi trigliserida yang sudah dikenal luas sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Padahal, senyawa EDCs ini bisa ditemukan pada debu di berbagai benda-benda di rumah kita sehingga mudah untuk terhirup atau memasuki pori-pori kulit kita. Sebagai informasi, US Environmental Protection Agency bahkan menyebutkan bahwa anak-anak setidaknya akan “mengkonsumsi” 50 mg EDCs ini setiap hari akibat adanya debu di rumah.

Baca Juga:  Suka Makan Bareng Ternyata Bisa Menyebabkan Perut Membuncit

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita mulai rajin-rajin membersihkan rumah agar tidak banyak debu di dalamnya yang bisa membuat kita semakin gemuk.