Ruangan Panas Ternyata Bisa Meredakan Depresi!

DokterSehat.Com – Saat mengalami depresi atau stress, banyak orang yang menyarankan kita untuk mendatangi tempat yang cenderung terlihat hijau dan segar. Tempat yang hijau nan segar layaknya taman tentu akan membuat pikiran kita ikut terasa segar dan damai sehingga depresi pun diharapkan bisa lebih mereda. Namun, tahukah anda, efek penyembuhan depresi yang sama ternyata juga bisa didapatkan jika kita mendatangi ruangan dengan hawa yang panas! Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-vertigo-pusing-penyakit-kepala-berputar-demensia

Jika kita membayangkan ruangan yang panas, maka kita pasti akan membayangkan betapa tidak enaknya berada di dalamnya. Tubuh akan bercucuran keringat dan terasa tidak nyaman sehingga kita justru akan merasa stress di dalamnya. Sayangnya, penelitian di University of Arizona justru menunjukkan hasil yang sebaliknya. Jika seseorang yang mengalami depresi duduk diam di dalam ruangan yang hangat atau cenderung panas, maka depresi yang Ia rasakan bisa mereda. Terapi yang disebut sebagai hyperthermia ini ternyata akan sangat efektif meredakan masalah psikologis depresi.

Terapi hyperthermia bisa dilakukan dengan cara seseorang yang mengalami depresi akan berbaring di sebuah tenda. Penderita depresi bisa memakai selimut dari dada hingga kaki dan kemudian tenda tersebut disinari dengan sinar infra merah hingga suhunya mencapai 38,5 derajat Celcius. Suhu yang cukup hangat cenderung panas bagi sebuah ruangan. Setelah beberapa saat, suhu ruangan yang panas ini ternyata akan membuat sistem imun tubuh menjadi jauh lebih aktif. Beberapa kadar senyawa atau hormon baik dalam tubuh juga semakin aktif sehingga berbagai sel jahat dan juga masalah layaknya depresi ataupun stress bisa segera dienyahkan dari tubuh.

Selain masalah depresi dan stress, terapi hyperthermia juga diklaim mampu meredakan masalah fibromyalgia. Fibromyalgia adalah sebuah kondisi dimana otot terasa lelah dan kaku dan bisa disertai dengan kasus insomnia. Jika sebelumnya penderita fibromyalgia kesulitan untuk mendapatkan pengobatan yang efektif, maka terapi hyperthermia diklaim bisa membuat kondisi fisik mereka menjadi jauh lebih baik.