Ruam Kulit Pada Anak – Scarlet Fever

Demam scarlet adalah radang tenggorokan atau infeksi oleh bakteri Streptococcus dengan karakteristik ruam. Infeksi ini disebabkan oleh kelompok bakteri Streptococcus pyogenes grup A. Radang tenggorokan paling sering terlihat pada anak-anak usia sekolah di musim hujan, tetapi dapat terjadi pada individu dari segala usia dan kapan saja. Demam ini sangat menular, dan risiko penularan dapat dikurangi dengan mencuci tangan dengan baik dan benar. Infeksi streptokokus juga dapat terjadi di sekitar anus atau di wilayah vagina.

doktersehat-jam-tidur-anak-berpengaruh-obesitas

Ruam bukanlah hal yang serius atau menular, tetapi komplikasi yang signifikan dapat terjadi dari infeksi strep yang mendasari. Yang paling mengkhawatirkan dari demam scarlet adalah demam rematik, penyakit serius yang dapat merusak katup jantung dan menyebabkan penyakit jantung jangka panjang.

Gejala dan tanda-tanda demam scarlet

  • Gejala anak awal dimulai dengan sakit tenggorokan (yang bisa ringan), demam (38–40oC), sakit kepala, sakit perut, dan pembengkakan kelenjar (kelenjar getah bening) di daerah leher.
  • Setelah satu atau dua hari dari gejala-gejala ini, muncul ruam merah pada tubuh dan memiliki kekasaran seperti amplas. Deskripsi medis untuk gambaran ruam kulit ini: “sunburn on skin with goose bumps”, (yang kurang lebih artinya “kulit yang terbakar matahari dengan bulu merinding”). Ruam biasanya ada di tangan dan kaki.
  • Pipi mungkin terlihat sangat memerah dengan adanya cincin tipis warna kulit normal sekitar mulut.
  • Gejala infeksi strep perianal atau vagina adalah kemerahan (tanpa ada cairan yang keluar) dari daerah yang terkait disertai gatal dan nyeri ketika dilewati tinja atau urine.

Pengobatan

  • Sakit tenggorokan streptokokus serta radang infeksi perianal atau vagina harus diobati dengan antibiotik.
  • Segera kunjungi dokter anak jika Anda mencurigai anak Anda terkena radang tenggorokan atau demam scarlet.
  • Seorang anak akan membutuhkan antibiotik, yang harus dihabiskan bahkan ketika gejala ruam sudah sembuh.
  • Seorang anak dapat kembali ke sekolah atau dalam 24 jam jika demam telah reda dan ia merasa lebih baik.