Ruam Kulit Pada Anak – Impetigo

Ruam adalah reaksi pada kulit. Ruam dapat disebabkan banyak hal, seperti reaksi karena kontak zat yang mengiritasi kuit, reaksi obat, infeksi, atau reaksi alergi. Banyak agen yang berbeda dapat menyebabkan ruam serupa muncul karena kulit memiliki sejumlah kemungkinan respon. Gejala yang terkait atau riwayat, selain ruam, membantu menentukan penyebab ruam. Sebuah sejarah gigitan kutu, paparan anak-anak lain yang sakit atau orang dewasa, penggunaan antibiotik baru-baru ini, paparan lingkungan, atau imunisasi sebelum semua elemen penting dari sejarah pasien untuk membantu menentukan penyebab ruam kulit pada anak.

doktersehat-bayi-tangan-merah-rash-gatal-iritasi-sindrom-stevens-johnson-Erisipelas-lupus

Kebanyakan ruam yang disebabkan oleh virus tidak membahayakan anak dan sembuh sendiri seiring berjalannya waktu tanpa pengobatan. Namun, beberapa ruam kecil memiliki penyebab yang serius atau bahkan mengancam jiwa. Orang tua harus akrab dengan ruam ini. Banyak ruam dapat terlihat sama, sehingga sulit untuk mengetahui diagnosis yang tepat. Segera periksa ke dokter untuk masalah apapun.

Apa gejala dan penyebab ruam pada anak?
Banyak penyakit anak memiliki penyebab virus atau bakteri dan bermanifestasi dalam bentuk ruam. Seiring semakin banyaknya vaksinasi, penyakit menjadi semakin kurang mengancam kesehatan anak secara jangka panjang. Ruam apapun harus ditangani secara serius, dan mungkin memerlukan perjalanan evaluasi yang cukup panjang. Contoh ruam karena virus atau bakteri termasuk beberapa penyakit anak berikut ini.

Impetigo
Impetigo adalah infeksi kulit superfisial yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus atau Staphylococcus. Impetigo sering ditemukan di sekitar hidung dan mulut, tetapi dapat terjadi juga di area lain di tubuh. Impetigo dapat terjadi sebagai infeksi sekunder pada kulit yang telah rusak, seperti dengan gigitan serangga, eksim gatal yang digaruk, atau lecet di bawah hidung akibat sering menghapus hidung karena beringus.

Baca Juga:  Macam-macam Gangguan Mental Pada Anak

Gejala dan tanda-tanda impetigo

  • Impetigo dimulai dalam bentuk lepuhan dangkal kecil yang pecah, memerah, dan terbuka di kulit.
  • Seringkali kemudian terbentuk kerak seperti madau di atas ruam ini.
  • Ruam dapat terasa cukup gatal.
  • Impetigo sangat menular. Seorang anak dapat menyebarkan infeksi ke bagian lain dari tubuh dengan menggaruk dirinya sendiri atau ke orang lain melalui kontak fisik sentuhan.
  • Impetigo bukanlah penyakit yang serius tetapi pada umumnya perlu obat untuk pasien, mengurangi risiko komplikasi, dan mengurangi kemungkinan penularan kepada orang lain.

Pengobatan

  • Infeksi mudah diobati dengan antibiotik salep atau antibiotik yang diminum. Namun, salep yang mengandung antibiotik tidak se-efektif jika diresepkan antibiotik dari dokter.
  • Seorang anak biasanya tidak lagi menularkan impetigo setelah satu atau dua hari pengobatan antibiotik. Ruam mulai sembuh dalam tiga sampai lima hari.
  • Jika ruam tidak menunjukkan tanda-tanda penyembuhan pada hari ketiga perawatan, anak perlu mengunjungi dokter.
  • Jika gatal intens, dokter dapat merekomendasikan obat anti-gatal.