Ruam Kulit pada Anak – Cacar Air dan Campak (Measles)

Virus yang disebut virus varicella-zoster (VZV) menyebabkan penyakit yang sangat menular ini. Penyakit ini umumnya tidak terkait dengan komplikasi utama bagi sebagian besar anak-anak. Gejala biasanya berlangsung dua minggu dan dapat membuat anak cukup nyaman. Cacar bisa menjadi penyakit serius pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti bayi yang baru lahir, orang-orang yang sedang menjalani kemoterapi untuk kanker, orang yang menggunakan obat steroid, wanita hamil, atau orang-orang dengan HIV/ AIDS. Vaksin yang aman dan efektif sekarang tersedia untuk anak-anak yang berusia 1 tahun atau lebih untuk mencegah cacar. Gejala-gejala cacar umumnya muncul 10-21 hari setelah terpapar virus. Penularan VZV adalah melalui droplet pernapasan atau kontak langsung dengan lesi kulit selama tahap blister (timbul bintik-bintik air).

doktersehat-anak-bayi-cacar-air-ruam

Gejala dan tanda-tanda cacar air

  • Gejala awal cacar adalah demam, sakit tenggorokan, dan merasa lelah. Biasanya dalam sehari, ruam sangat gatal dan biasanya dimulai dari kepala dan dada dan kemudian menyebar ke lengan dan kaki. Total durasi ruam 7-10 hari.
  • Ruam dimulai dalam bentuk daerah kemerahan, bintik air dangkal kecil di tengah. Setelah satu sampai dua hari, bintik air pecah dan lesi akan membentuk keropeng berkerak yang akan bertahan 2–3 hari. Seluruh evolusi ini memakan waktu empat sampai lima hari.

Campak (Rubeola/ Measles)
Campak, juga dikenal sebagai rubeola, adalah infeksi virus dari sistem pernapasan. Campak adalah penyakit yang sangat menular yang dapat menyebar melalui kontak dengan lendir yang terinfeksi dan air liur. Batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi dapat melepaskan virus ke udara. Virus ini dapat hidup di permukaan selama beberapa jam. Partikel yang terinfeksi bertahan di udara dan siapa pun dalam waktu dekat dapat terinfeksi virus campak.

Baca Juga:  Ruam Kulit pada Anak - Rubella (Campak Jerman) dan Fifth Disease

Virus yang disebut paramyxovirus menyebabkan penyakit campak. vaksin yang aman dan efektif tersedia untuk mencegah penyakit ini, tapi wabah pada orang yang belum sepenuhnya divaksinasi masih terjadi.

Gejala dan tanda-tanda campak

  • Gejala awal umumnya muncul 10-12 hari setelah terpapar virus yang sangat menular ini. Cara penularannya adalah melalui droplet saluran napas. Ruam pada kulitnya justru tidak menular.
  • Penyakit ini biasanya dimulai dengan hidung tersumbat dan batuk, mata kemerahan tanpa adanya cairan, dan demam (39-40C).
  • Anak biasanya akan terlihat sakit, dengan nafsu makan dan tingkat aktivitas menurun.
  • Pada hari ketiga atau keempat, demam tinggi (41-42C) akan terjadi dan anak akan menunjukkan ruam merah keunguan pada wajah, sepanjang garis batas rambut dan wajah, dan di belakang telinga. Ruam kemudian menyebar ke bawah tubuh ke paha dan kaki. Setelah sekitar seminggu, ruam memudar dalam pola yang sama seperti ketika dimulai.