Rotator Cuff Injury – Pengertian

Rotator-Cuff-Injury-doktersehat

DokterSehat.ComRotator cuff  adalah sekelompok otot dan tendon yang mengelilingi sendi bahu, menjaga kepala tulang lengan atas Anda dengan kuat di dalam sendi bahu. Cedera rotator cuff dapat menyebabkan nyeri tumpul di bahu, yang sering memburuk ketika Anda mencoba untuk tidur miring ke satu sisi.

Kerusakan pada setiap atau semua dari keempat otot dan ligamen yang menempelkan otot-otot ke tulang dapat terjadi karena cedera akut, penggunaan jangka panjang yang berlebihan, atau penuaan bertahap. Kerusakan ini dapat menyebabkan rasa sakit dan kecacatan yang signifikan dengan penurunan rentang gerak dan penggunaan sendi bahu.

Bahu adalah jenis sendi peluru yang memungkinkan lengan bergerak ke berbagai arah. Ini terdiri dari kepala humerus (ujung atas tulang lengan atas) yang masuk ke dalam fosa glenoid dari skapula (tulang belikat). Kepala humeri disimpan di area oleh kapsul dan labrum sendi, pita tulang rawan tebal yang membentuk kerucut memanjang di mana kepala humeri dapat masuk. Otot rotator cuff adalah stabilisator dinamis dan penggerak sendi bahu dan menyesuaikan posisi kepala humerus dan skapula selama gerakan bahu.

Otot rotator cuff secara anatomis terkait dengan skapula. Setiap perubahan pergerakan skapula dengan rentang gerak bahu dapat menyebabkan pelemahan otot rotator cuff, yang menyebabkan masalah pada pergerakan bahu itu sendiri.

Empat otot rotator cuff meliputi:

  • Supraspinatus
  • Infraspinatus
  • Subscapularis
  • Teres minor

Otot lain yang membantu bergerak dan menstabilkan bahu meliputi deltoid, teres major, corachobrachialis, latissimus dorsi, dan pectoralis mayor.

Saat rotator cuff rusak, berbagai masalah muncul:

  • Nyeri dan spasme yang membatasi rentang gerak bahu
  • Otot tidak membuat penyesuaian kecil di dalam sendi agar kepala humeri bergerak dengan lancar
  • Akumulasi cairan di dalam sendi akibat peradangan membatasi pergerakan
  • Bisa terjadi pembengkakan pada otot rotator cuff atau tendon yang menempel pada tulang. Tendon berjalan melalui ruang tulang yang sempit, dan jika ada perubahan bagaimana humerus dan skapula bergerak, ruang-ruang ini bisa menjadi lebih sempit lagi
  • Artritis dan endapan kalsium terbentuk sepanjang ruang gerak. Kalsifikasi ini dapat terjadi di sepanjang tepi tulang sendi atau di dalam tendon otot rotator cuff.

Tingkat keparahan cedera dapat berkisar dari regangan ringan dan pembengkakan otot atau tendon, yang akan menyebabkan tidak ada kerusakan permanen, pada robekan sebagian atau seluruh dari salah satu otot rotator cuff, pembedahan mungkin diperlukan untuk perbaikan rotator cuff.

persendian-bahu-doktersehat

Photo Credit: eMedicineHealth

Gambar 1. Persendian bahu

Rotator Cuff Injury – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6
ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik