Rosacea Mata

Doktersehat.com – Mata merupakan indera penglihatan yang harus dijaga kesehatannya dan cukup rentan jika tidak dilindungi secara maksimal. Berbagai macam penyakit mata yang dialami memberikan dampak yang cukup negatif bagi penglihatan.  Sekarang ini terdapat peradangan mata yang disebut dengan Rosacea. Rosacea mata adalah peradangan pada mata yang terjadi akibat rosacea atau peradangan kronis yang menyerang kulit wajah, hidung dan dahi. Biasanya penderita rosacea kulit juga mengalami rosacea mata. Rosacea mata paling banyak terjadi pada orang dewasa berusia antara 30-60 tahun, terutama yang kulitnya berwarna kuning langsat.



Penyebab 

Sama halnya dengan rosacea kulit, penyebab rosacea mata tidak pernah diketahui tapi diduga kondisi ini disebabkan oleh kombinasi antara faktor keturunan dan lingkungan. Kendati begitu, ada sejumlah faktor yang dapat memperburuk rosacea mata, diantaranya: – Mengonsumsi makanan atau minuman yang panas – Makan makanan pedas – Minum alkohol – Berada pada suhu yang ekstrim, baik dingin maupun panas – Terkena sinar matahari – Stres, marah atau malu – Melakukan olahraga berat – Mandi air panas, berada di ruangan beruap atau sauna – Mengonsumsi obat-obatan yang dapat melebarkan pembuluh darah, termasuk obat hipertensi.

Gejala 

Mata kering – Mata terasa pedas atau terbakar – Mata terasa gatal – Merasa seperti ada benda asing di dalam salah satu mata atau keduanya – Pandangan kabur – Sensitif terhadap cahaya – Mata merah – Pembuluh darah kecil di bagian putih mata terlihat melebar – Kelopak mata memerah dan bengkak – Muncul bintil di pelupuk mata – Mata berair

Pengobatan 

Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik seperti tetracycline, doxycycline (Doryx, Oracea), erythromycin atau minocycline (Dynacin, Minocin) untuk rosacea mata yang sudah parah. Namun sebenarnya tak ada pengobatan yang spesifik untuk menanggulangi kondisi ini.

Baca Juga:  Menikah Tingkatkan Hormon Testosteron
Dari berbagai sumber