Rokok Sangat Buruk Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika rokok memberikan dampak sangat buruk bagi kesehatan manusia. Dengan merokok, tubuh akan menghirup racun yang bisa memicu banyak sekali penyakit berbahaya layaknya kanker atau bahkan serangan jantung. Rokok sendiri juga bisa memberikan dampak buruk bagi gigi dan mulut, bagian tubuh yang langsung bersentuhan saat menghisap rokok. Berikut adalah efek buruk yang didapatkan gigi dan mulut dari rokok.

doktersehat-perokok-lingkar-pinggang-besar-obesitas-perut-buncit

Jika kita mencermati gigi para perokok, seringkali warna gigi sudah mengalami perubahan menjadi kekuningan atau bahkan rusak kehitaman karena banyaknya plak dan tartar pada gigi. Selain itu, mulut para perokok juga cenderung memiliki bau yang menyengat. Para perokok juga beresiko mendapatkan penyakit gusi yang bisa memicu gigi tanggal, peradangan pada kelenjar ludah, atau bahkan leukoplakia, adanya bercak-bercak putih pada mulut.

Racun yang dikandung oleh rokok ternyata akan mempengaruhi fungsi dari sel-sel gusi sehingga gusi pun akan mudah terkena infeksi. Sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of American Dental Association menunjukkan bahwa mereka yang merokok, termasuk perokok cerutu akan memiliki resiko tinggi mengalami pengeroposan gigi atau pengeroposan tulang alveolar, tulang rahang penyangga susunan gigi. Selain itu, saluran pernafasan layaknya faring atau tenggorokan dan bagian mulut juga akan beresiko tinggi terkena kanker. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa 90 persen dari penderita kanker mulut, kanker lidah, kanker tenggorokan, atau kanker bibir memiliki kebiasaan tinggi merokok sehari-hari.

Jangan ragu untuk segera berhenti merokok untuk menghindari berbagai dampak kesehatan tersebut. Jika memang kesulitan untuk segera berhenti, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter sehingga kita bisa mengkonsumsi semacam obat-obatan atau bahkan permen karet yang bisa mengatasi kecanduan nikotin. Selain itu, beberapa pengobatan alternatif atau hipnosis atau akupuntur juga bisa membantu mengatasi kecanduan nikotin dengan lebih baik.