Rokok Mild Lebih Aman Untuk Dihisap?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang memilih untuk menghisap rokok mild karena berpikir jika rokok dengan kandungan tar yang lebih rendah ini jauh lebih aman bagi kesehatan jika dibandingkan dengan rokok kretek. Bahkan, cukup banyak perokok yang merekomendasikan rokok ini bagi para remaja yang belum pernah mencoba untuk merokok karena menganggapnya rokok yang “lebih aman”. Sebenarnya, apakah memang rokok mild lebih aman untuk dihisap?

doktersehat-rokok-bahaya-untuk-kesehatan

Pakar kesehatan dr. Elisna Syahruddin, Ph.D, Sp.P(K) yang berasap dari RSUP Persahabatan menyebutkan bahwa meskipun memiliki kandungan nikotin lebih rendah, tetap saja menghisap rokok mild bisa memberikan kerugian bagi kesehatan, khususnya dalam menyebabkan kanker paru-paru.

Dr. Elisna menyebutkan bahwa tanpa sadar, para penghisap rokok mild ini terlena dengan label aman dari rokok ini dan bisa dengan santai menghisap rokok ini dalam jumlah yang banyak setiap hari. Hal ini tentu akan membuat kadar nikotin dan racun lainnya yang ada dalam rokok terhisap dalam jumlah yang banyak oleh tubuh dan memicu datangnya penyakit.

Melihat adanya fakta ini, Dr. Elisna pun menyebut rokok mild sama sekali tidak bisa dianggap sebagai rokok yang lebih aman untuk dihisap. Rokok jenis apapun sama-sama memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jika tidak ingin mendapatkan efek buruk dari merokok, satu-satunya cara adalah dengan berhenti merokok apapun jenisnya. Bahkan, bagi mereka yang berkata bahwa rokok elektrik lebih aman untuk dihisap, rokok ini sebenarnya juga tetap bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan layaknya saat kita menghisap rokok konvensional.

Melihat adanya fakta ini, jangan mudah tergiur dengan label rokok yang lebih aman. Semua rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan sehingga sebaiknya selalu kita hindari.