Rokok Elektronik Meledak, Gadis Remaja Ini Cedera

DokterSehat.Com – Meskipun banyak orang yang menganggap rokok elektronik atau e-cigarette adalah solusi bagi mereka yang ingin berhenti merokok, pakar kesehatan tetap menganggap rokok elektronik mampu memberikan dampak kesehatan yang buruk bagi tubuh. Baru-baru ini, ada sebuah kasus yang berkaitan dengan penggunaan rokok elektronik, namun tidak berkaitan dengan masalah kesehatan. Di Utah, Amerika Serikat, seorang gadis remaja berusia 13 tahun mengalami cedera karena rokok elektronik yang Ia pegang tiba-tiba saja meledak.

doktersehat-vape-vaping-rokok-elektronik-electric-cigarette-kanker-paru-kulit-kusam

Gadis bernama Arianne Anderson ini sedang ingin mencoba rokok elektronik milik kakaknya. Baru saja Ia memasukkan baterai dan bersiap untuk menekan tombol, tiba-tiba saja rokok elektronik ini meledak. Arianne pun segera berlari ke arah ibunya untuk meminta pertolongan. Melihat banyaknya darah yang keluar dari wajah putrinya, Ia pun segera menelepon kepolisian dan ambulance untuk meminta pertolongan. Setelah dilarikan ke rumah sakit, dokter menyebutkan jika Arianne tidak mengalami cedera parah dan memiliki kesempatan 80 persen untuk segera sembuth tanpa perlu melakukan operasi.

Melihat adanya berita ini, banyak pakar kesehatan yang kemudian semakin mengecam penggunaan rokok elektronik yang dianggap menimbulkan resiko kesehatan yang setara layaknya penggunaan rokok biasa. Namun, Aaron Frazier yang berasal dari Utah Smoke Free Association atau Asosiasi Bebas Rokok dari Negara Bagian Utah menyebutkan jika masalah ini lebih karena kurangnya pendidikan dan kecelakaan murni. Memang, rokok elektronik dan produk semacamnya tetap berbahaya bagi siapapun, apalagi jika tidak tahu cara menggunakannya dengan benar. Hanya saja, mengingat rokok ini menawarkan kepuasan dan rasa-rasa tertentu, banyak remaja dan anak-anak yang ingin mencobanya. Padahal, mereka yang berusia muda ini biasanya kurang memahami cara penggunaan rokok elektronik dengan benar dan tidak mengetahui dampak buruknya bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Penyakit Yang Bisa Diobati Akupuntur

Frazier pun berharap agar industri rokok elektronik semakin memperhatikan keamanan produknya dan akan ada regulasi yang melarang penjualan produk tembakau apapun pada orang yang berusia di bawah 18 tahun.