Rokok Akan Dilarang di Semua Restoran di Ceko

DokterSehat.Com – Semakin banyak otoritas kesehatan di seluruh dunia yang menyadari betapa bahayanya dampak asap rokok bagi kesehatan tubuh. Kini, tentu bukan hal yang mengherankan melihat begitu banyak tempat publik yang melarang orang-orang untuk merokok di depan banyak orang. Hal yang sama mulai diberlakukan di Ceko dimana mulai bulan Mei pada tahun depan, asap rokok dilarang mengepul di semua restoran yang ada di negara Eropa ini.

doktersehat-rokok-pasif-bahaya-paru

Meskipun belum disahkan oleh Milos Zeman, Presiden Ceko yang sedang menjabat, pihak dewan perwakilan rakyat dan juga Perdana Menteri Bohuslav Sobotka berharap agar peraturan ini segera bisa diwujudkan agar bisa mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh negara-negara maju lain, khususnya 18 negara lain yang ada di benua Eropa. Dengan adanya peraturan ini, maka diharapkan pula agar angka penderita masalah kesehatan yang disebabkan oleh rokok juga bisa semakin ditekan.

Tak hanya membutuhkan persetujuan presiden, peraturan ini juga membutuhkan persetujuan dari senat. Beruntung, meskipun presiden Zeman termasuk sebagai perokok berat, Ia pernah menyatakan dirinya tidak akan menggunakan hak veto untuk menolak peraturan ini karena menghargai pendapat para otoritas kesehatan demi kebaikan masyarakat.

Larangan merokok selain rokok elektrik, sebenarnya sudah diberlakukan di hampir semua area publik di Ceko semenjak tahun 2005, namun, masih cukup mudah menemukan asap rokok yang mengepul di berbagai restoran dan kafe-kafe. Dengan adanya peraturan ini, maka diharapkan banyak pengunjung restoran dan kafe yang tidak merokok tidak lagi terganggu atau terpaksa menjadi perokok pasif yang juga berbahaya bagi kesehatannya.

Sebagai informasi, 78 persen dari 10,1 juta penduduk Ceko menyatakan diri telah mendukung peraturan larangan merokok ini. Sebagian besar masyarakat sudah menyadari bahaya akan asap rokok dan berharap angka kematian penduduk ceko yang disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan rokok yang sebelumnya bisa mencapai 18 ribu setiap tahunnya bisa semakin menurun.