Risih dan Susah Buang Air Besar di Toilet Umum? Lakukan Hal Ini

DokterSehat.Com– Kadangkala kita merasakan sensasi ingin buang air besar saat berada di luar rumah. Hal ini tentu harus membuat kita buang air besar di toilet umum. Meskipun sarana toilet sudah lengkap dan memudahkan kita untuk buang air besar. Cukup banyak orang yang mengaku kesulitan untuk melakukannya karena merasa tidak nyaman dengan toilet yang “tidak dikenal” ini. Jika hal ini terjadi, apakah kita memang sebaiknya menahan keinginan buang air besar saja?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Pakar kesehatan Dr. Travis Stork yang berasal dari The Doctors menyebutkan bahwa menahan buang air besar bisa memberikan cukup banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jika kita melakukannya terlalu lama, bisa jadi sistem pencernaan akan mengalami gangguan. Tak hanya itu, organ usus juga bisa terluka karena kotoran menjadi semakin keras.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan di toilet umum jika kita kesulitan untuk melakukannya akibat dari rasa yang tidak nyaman? Dr. Stork menyarankan kita untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum masuk ke toilet umum. Menurut beliau, adanya asupan air minum ini ternyata bisa membuat perut bereaksi dan mengeluarkan kotoran dengan jauh lebih lancar dan cepat.

Hanya saja, jika kita memang benar- benar tidak nyaman dengan kondisi toilet seperti bentuk toilet yang terlalu terbuka atau terlalu ramai, kita bisa mencoba untuk menenangkan diri dan setidaknya mengeluarkan kotoran dari dalam perut meskipun jumlahnya sedikit. Memang, hal ini akan membuat sensasi tidak tuntas pada perut yang tentu akan membuatnya tidak nyaman, namun hal ini akan jauh lebih baik untuk dilakukan daripada harus menahan buang air besar.

Cara lain yang banyak dilakukan masyarakat tanah air saat menggunakan toilet umum adalah dengan menyalakan keran air pada bak toilet. Dengan adanya keran air ini, kita bisa menciptakan suasana privasi di toilet sehingga diharapkan bisa membuat buang air besar lebih nyaman dan lebih lancar untuk dilakukan.