Ribuan Orang di Spanyol Keracunan Air Dalam Kemasan

DokterSehat.Com – Kita tentu sering melihat iklan air minum dalam kemasan yang mengklaim produknya sebagai produk air minum yang paling bersih, paling steril, dan sehat jika dikonsumsi secara rutin. Namun, sebuah kejadian di Spanyol belakangan ini bisa merubah pendapat kita tentang kualitas dan keamanan dari air minum dalam kemasan, khususnya yang ditempatkan pada dispenser. Setidaknya, ada 4.100 orang di daerah Barcelona dan Tarragona, Wilayah Otonomi Catalonia, Spanyol, yang dilaporkan mengalami gejala muntah-muntah dan diare karena diduga mengkonsumsi air minum dalam kemasan yang telah terinfeksi virus norovirus.

doktersehat-air-es-menganggu-pencernaan

Menurut otoritas kesehatan Spanyol, kasus ini sendiri baru pertama kali ini terjadi di Spanyol mengingat penyebaran virus norovirus melalui air minum dalam kemasan adalah hal yang bisa digolongkan sebagai kejadian luar biasa mengingat normalnya virus ini menyebar melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi berbagai kotoran. Virus norovirus sendiri dapat membuat gejala penyakit gastrointestinal, sebuah penyakit yang kerap terjadi di tempat dimana banyak orang tinggal di area yang sama dalam waktu yang lama layaknya rumah sakit, kapal pesiar, hingga panti-panti sosial.

Adanya kejadian ini bahkan sampai mengundang perhatian berbagai pakar kesehatan di seluruh dunia. Benjamin Chapman, salah seorang pakar keamanan pangan di North Carolina State University di Amerika Serikat menduga jika kontaminasi virus ini terjadi sebelum proses pengemasan air minum. Ia pun menyerukan adanya pengetesan kondisi sumber air minum dalam kemasan yang berada di area pengunungan Pyrenees, di Andorra, negara kecil yang terhimpit Spanyol dan Perancis. Hanya saja, pakar kesehatan justru mewaspadai adanya bentuk kontaminasi dari pekerja perusahaan penyedia air minum dalam kemasan yang sudah membawa virus norovirus dan memegang berbagai peralatan yang nantinya ikut tersentuh air minum yang sudah dikemas dan nantinya dikonsumsi oleh banyak orang.

Baca Juga:  Rambut Direbonding Ternyata Tidak Baik

Melihat adanya fakta ini, kita tentu harus lebih waspada dengan air minum dalam kemasan. Selain memastikan jika penyedia air minum ini sudah terpercaya dan benar-benar menawarkan kualitas air minum yang baik, cermati pula distribusi air minum dalam kemasan ini agar kita benar-benar mendapatkan air minum yang sehat setiap hari.