Seputar Rhinitis Alergi, Bersin Di Pagi Hari yang Mengganggu

DokterSehat.Com – Rhinitis Alergi merupakan suatu penyakit radang pada hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien. Rhinitis alergi dapat dicetuskan oleh berbagai penyebab, contohnya adalah tungau, bulu binatang, serbuk sari, spora dan berbagai macam alergen lainnya. Gejala klinis yang khas ditemui pada rhinitis alergi adalah serangan bersin terutama pada pagi hari yang berulang, keluarnya ingus encer, hidung yang tersumbat, mata merah gatal dan berair, rasa gatal pada hidung. Ada beberapa tanda yang dapat kita lihat pada penderita rhinitis yaitu berupa bayangan gelap di bagian bawah mata, gerakan menggosok gosok hidung secara terus menerus, dan adanya garis pada bagian depan hidung.

doktersehat-flu-pilek-infeksi-otak

Ketika seseorang dicurigai menderita suatu alergi maka dokter akan meminta pasien untuk melakukan suatu uji tusuk kulit (skin prick test) untuk memastikan apakah pasien tersebut benar menderita suatu alergi terhadap suatu alergen tertentu. Jika telah dilakukan uji tusuk kulit dan ternyata hasilnya positif maka dokter akan menyarankan pasien untuk menghindari alergen tersebut untuk menghindari reaksi alergi yang muncul.

Menghindari alergen merupakan terapi yang paling utama yang harus dilakukan pasien, karena meskipun diberikan obat obatan untuk meredakan alergi, alergi tersebut akan terus muncul tanpa adanya pencegahan dengan menghindar dari alergen. Obat obatan dapat digunakan untuk membantu mengurangi reaksi alergi yang muncul.

Ada beberapa komplikasi yang dapat terajdi pada penderita rhinitis, meskipun komplikasi ini jarang terjadi :

  1. Sinusitis merupakan suatu infeksi pada selaput yang melapisi sinus akibat terganggunya aliran ingus, hal tersebut dapat menyebabkan nyeri pada beberapa daerah wajah yang menjadi lokasi sinus, ingus menjadi bewarna hijau dan berbau.
  2. Infeksi telinga tengah. Adanya saluran yang mengubungkan antara bagian belakang dari hidung dan rongga mulut dengan telinga dapat menyebabkan infeksi pada telinga tengah, terutama pada anak anak .
  3. Berkurangnya kualitas hidup. Rhinitis dapat mengganggu istirahat dan aktivitas anda yang akan menurunkan kualitas hidup anda.