Resolusi Tahun Baru untuk Ginjal Anda

DokterSehat.Com – Tahun baru, semangat baru, resolusi baru! Sudahkah Anda menyusun resolusi baru untuk tahun ini? Pastikan Anda memiliki resolusi untuk kesehatan Anda di tahun ini. Seiring bertambahnya tahun, bertambah pula usia tubuh Anda, dan sudah menjadi tugas Anda untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Ginjal merupakan suatu bagian tubuh yang vital. Ginjal berfungsi membersihkan kotoran-kotoran dari tubuh Anda dan membuangnya melalui urin. Tanpa adanya ginjal yang berfungsi baik, tubuh Anda akan dipenuhi racun yang akan merusak tubuh Anda. Berikut ini cara mudah untuk menjaga ginjal Anda tetap sehat dan berfungsi baik sepanjang tahun ini:

  1. Sarapan

Sarapan atau makan pagi sering dilupakan oleh sebagian orang. Mungkin karena sempitnya waktu antara bangun pagi dan mulai beraktivitas, entah itu pergi belajar atau bekerja. Untuk itu, bangun pagi, sediakan waktu untuk diri Anda sarapan. Penelitian menunjukkan sarapan sehat di pagi hari mengurangi kemungkinan Anda makan berlebihan selama satu hari. Bahkan sarapan dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus.

  1. Hindari penggunaan obat penghilang nyeri secara berlebihan

Pekerjaan sehari-hari dapat menyebabkan segala bentuk nyeri, mulai dari nyeri kepala, nyeri pinggang, nyeri leher, hingga rasa nyeri di di tangan maupun kaki. Hal itu bukan berarti Anda membutuhkan obat penghilang nyeri. Cobalah mengkompres bagian tubuh Anda yang nyeri dengan handuk yang dicelupkan ke air hangat dan lakukan relaksasi seperti stretching. Bila Anda telah melakukan hal-hal tersebut namun tetap merasakan nyeri yang tak tertahankan, segeralah datang ke dokter untuk mendapatkan obat dalam jumlah dan dosis yang tepat. Konsumsi obat penghilang nyeri yang berlebihan akan membahayakan lambung, ginjal, dan liver Anda.

  1. Olahraga

Olahraga, olahraga, olahraga! Olahraga hampir selalu menjadi resolusi setiap orang setiap tahunnya. Tentu saja, karena olahraga memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Selain menjaga tubuh Anda tetap bugar, olahraga rutin mampu menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, memudahkan Anda untuk tidur malam, meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, mengontrol berat badan serta bentuk tubuh Anda tetap ideal. Olahraga juga memperbaiki fungsi ginjal, terbukti dari penelitian yang dilakukan pada pasien dengan gangguan ginjal yang berolahraga mengalami hasil dialisis dan tranplantasi yang baik. Olahraga yang baik adalah yang dilakukan secara rutin, cukup 30 menit sehari selama 5 hari dalam seminggu.

  1. Teratur

Aturlah obat-obatan pribadi Anda dalam satu kotak, buanglah obat yang sudah lewat masa pakainya, dan catat obat-obatan apa saja yang Anda konsumsi saat ini serta obat-obat apa saja yang menyebabkan Anda alergi. Rapikan dan simpan catatan medis yang Anda punya dalam suatu arsip sehingga Anda mengetahui masalah kesehatan yang harus Anda perhatikan.

  1. Berhenti merokok
Baca Juga:  Studi: Rata-Rata Masyarakat Indonesia Kehilangan Keperawanan Pada Usia 19 Tahun

Berhenti merokok mungkin menjadi  resolusi tahunan yang sering gagal bagi orang yang telah kecanduan. Berhenti merokok memang sulit, namun tetap harus dilakukan untuk kualitas kesehatan yang lebih baik. Rokok menyebabkan aliran darah di ginjal berjalan lambat dan menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Kurangi konsumsi rokok Anda satu batang tiap minggunya dan Anda akan bebas rokok pada akhir tahun.

  1. Kurangi duduk, perbanyaklah bergerak.

Bila pekerjaan Anda mengharuskan duduk dalam waktu yang lama, sempatkanlah berdiri dan berjalan tiap 30-60 menit. Penelitian membuktikan duduk selama delapan jam atau lebih sehari berhubungan dengan penyakit ginjal. Hal ini mungkin berkaitan dengan urin yang menumpuk di dalam saluran kemih selama berjam-jam dan meningkatkan keasaman di urin sehingga menjadi tempat yang baik bagi kuman untuk berkembang biak dan menyebabkan penyakit.

  1. Lakukan pemeriksaan ginjal tahunan

Pemeriksaan tahunan seperti tes protein urin dapat menunjukkan ada tidaknya penyakit ginjal sejak dini. Ureum dan kreatinin darah menunjukkan fungsi ginjal Anda dalam membuang racun dari tubuh. Deteksi dini penyakit ginjal akan mencegah terjadinya keparahan.

  1. Kurangi berat badan

Akhir tahun merupakan waktu dimana Anda banyak makan, banyak berpesta, dan banyak liburan. Hal-hal yang menyenangkan biasanya meninggalkan berat badan berlebih. Berat badan berlebih menyebabkan kerja ginjal untuk menyaring darah menjadi lebih berat, akibatnya ginjal menjadi kelelahan dan tidak dapat berfungsi optimal. Kurangi berat badan Anda dengan memperbaiki pola makan dan olahraga. Bila perlu, kunjungi dokter untuk mendapatkan saran diet yang baik dan benar.

  1. Tidur cukup

Pekerjaan, kelelahan, dan stres seringkali menjadi alasan kurang tidur. Pola tidur yang tidak teratur, makan sebelum tidur, dan tidur yang kurang terbukti berhubungan dengan obesitas. Dan seperti yang telah Anda baca di atas, obesitas berkaitan dengan penyakit ginjal. Atur jadwal tidur Anda, matikan lampu, lupakan segala urusan, dan pergilah tidur. Umumnya orang membutuhkan waktu 7 jam untuk tidur.

  1. Kurangi garam

Jika Anda pecinta makanan asin, kurangilah sedikit demi sedikit. Dan kurangi juga produk makanan olahan yang mengandung banyak garam. Seperti yang telah diketahui umum, garam dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan gagal ginjal.

Sebenarnya, 10 poin di atas tidak hanya baik untuk kesehatan ginjal, namun juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, bagaimana, siapkah Anda menjadikan kesehatan sebagai salah satu resolusi tahun ini?