Resiko Stroke Cukup Tinggi Bagi Mereka Yang jarang Sarapan

DokterSehat.Com – Telah banyak sekali informasi yang menunjukkan jika sarapan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan melakukan sarapan, kita akan mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktifitas seharian penuh. Selain itu, sarapan juga bisa membuat kita mengurangi resiko terkena beberapa penyakit berbahaya. Tahukah anda, sebuah penelitian menunjukkan jika mereka yang cenderung sering meninggalkan sarapan ternyata memiliki resiko cukup tinggi untuk terkena stroke.

doktersehat-stroke-orak-pembuluh-darah

Masyarakat modern, khususnya yang tinggal di kota besar dimana kemacetan di pagi hari adalah hal yang biasa terjadi seringkali melewatkan waktu sarapan hanya karena tidak ingin terlambat. Kebiasaan buruk ini ternyata akan berpengaruh besar pada kesehatan jantung. Penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 1995 hingga 2010 ini melibatkan 82.772 responden baik pria maupun wanita dengan usia bervariasi dari 45 hingga 74 tahun. Semua partisipan tidak memiliki sejarah penyakit berbahaya layaknya kanker atau sakit jantung. Di akhir penelitian, 3.772 partisipan mengalami stroke dan 870 lainnya mengalami gangguan kesehatan jantung koroner.

Dari semua partisipan yang terkena penyakit stroke atau masalah kesehatan jantung koroner, peneliti kemudian memeriksa apakah penyakit stroke ini berkaitan dengan kebiasaan sarapan pagi. Hasilnya adalah, mereka yang cenderung melewatkan sarapan pagi ternyata beresiko terkena stroke yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang rajin mengkonsumsi sarapan pagi. Stroke yang terjadi biasanya diakibatkan oleh pendarahan otak dimana dari jumlah partisipan yang mengalami stroke, terdapat 1.050 kasus yang disebabkan oleh pendarahan pada otak.

Mereka yang kerap kali melewatkan sarapan ternyata bisa membuat tubuh mengalami tekanan darah tinggi di pagi hari. Tekanan darah tinggi atau hipertensi ini ternyata bisa memicu pendarahan pada otak sehingga membuat stroke bisa terjadi. Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak lagi melewatkan sarapan pagi sehingga kita pun bisa menurunkan resiko terkena stroke. Cobalah untuk mengkonsumsi sarapan pagi dengan gizi dan nutrisi yang seimbang agar kesehatan tubuh bisa menjadi lebih terjaga.