Resiko Kesehatan yang Didapatkan Jika Melakukan Persalinan Dengan Metode Caesar

DokterSehat.Com – Meskipun kesadaran ibu hamil untuk melahirkan secara normal masih cukup tinggi, dalam realitanya banyak ibu hamil yang memilih untuk melakukan operasi caesar. Alasan dari pemilihan proses persalinan ini pun macam-macam, dari yang ingin mendapatkan tanggal kelahiran yang cantik atau pas dengan event-event tertentu layaknya hari kemerdekaan atau tahun baru, hingga tidak ingin merasakan sakitnya proses persalinan yang normal. Memang, ada ibu hamil yang memang lebih direkomendasikan melakukan operasi caesar karena memang kondisi bayi atau kesehatan sang ibu untuk melahirkan normal, namun, andai memang kita bisa melahirkan secara normal, ada baiknya kita tidak melakukan metode operasi ini.

doktersehat-usg-kehamilan-hamil-operasi-caesar

Pakar kesehatan sendiri tidak merekomendasikan ibu hamil untuk melakukan operasi caesar andai sebenarnya mereka bisa melalui proses persalina normal. Meskipun terlihat normal, ada lebih banyak keuntungan yang didapatkan jika tetap melakukan proses persalinan normal. Yang paling umum adalah rasa sakit yang bisa saja diderita oleh pelaku operasi caesar dalam waktu yang lama sebagai dampak operasi di masa depan. Hal ini tentu akan berbeda jika kita melakukan proses persalinan normal dimana rasa sakit hanya akan muncul saat proses persalinan dan pemulihannya saja.

Pakar kesehatan menyebutkan jika pelaku operasi caesar ternyata memiliki resiko mengalami masalah pada kehamilan berikutnya, yakni berupa posisi janin yang cenderung abnormal, placenta previa, hingga adanya pendarahan saat kehamilan dan proses persalinan yang tentu sangat berbahaya. Posisi janin yang abnormal atau dalam dunia medis adalah abnormal fetal position terjadi karena plasenta justru menghambat jalur kelahiran bayi sehingga tentu akan sulit untuk melakukan proses kelahiran secara normal. Ada juga resiko kesehatan lain yang bisa didapatkan dari operasi caesar yakni adanya endometriotis, kondisi dimana membrane uterus ibu mengalami pembengkakan dan infeksi yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga:  Kendall Jenner Dikabarkan Mengalami Kelumpuhan Tidur Akut

Dengan adanya resiko-resiko kesehatan ini, andai ibu hamil memang bisa melahirkan secara normal, ada baiknya tidak memilih untuk melakukan operasi caesar karena adanya resiko-resiko kesehatan tersebut.