Resiko Kanker Usus Besar Pada Pria Yang Botak

DokterSehat.Com – Salah satu jenis penyakit pada saluran pencernaan yang harus sangat diwaspadai adalah kanker usus besar. Penyakit ini termasuk dalam jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum pria mengingat rasio pria yang terkena kanker usus besar sangatlah tinggi. Tahukah anda, pria yang memiliki kebotakan ternyata justru beresiko lebih besar mendapatkan kasus kanker usus besar. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Selain kerap dikaitkan dengan tingkat stress atau depresi dari pria yang bisa memicu kebotakan pada rambut, kebotakan sendiri ternyata berkaitan erat dengan berbagai masalah lain pada tubuh yang pada akhirnya akan memicu masalah kanker usus besar layaknya hormon androgen, insulin hingga IGF-1. Beberapa masalah pada hormon-hormon tersebut ternyata bisa menyebabkan masalah patogenesis atau bahkan coloteral neoplasma, istilah medis yang kerap berkaitan erat dengan kanker usus besar. Seorang pakar kesehatan dari Amerika Serikat bernama Nana Keum menunjukkan bahwa pria yang mengalami kebotakan akan memiliki kaitan erat dangan permasalahan pada hormon yang berkaitan erat dengan masalah kanker usus besar.

Nana Keum melakukan sebuah penelitian yang melibatkan 32 ribu pria dari tahun 1992 hingga tahun 2012 dimana Ia melakukan pengamatan pada beberapa jenis kebotakan yang dialami oleh pria, yakni botak pada bagian depan, botak depan, atau bahkan botak pada bagian vertex atau ubun-ubun dan mencari korelasi antara kebotakan ini dengan masalah kanker. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kebotakan ternyata memiliki resiko yang jauh lebih besar mendapatkan kanker usus besar jika dibandingkan dengan yang memiliki rambut normal. Bahkan, merekan yang mengalami kebotakan pada bagian vertex meskipun sangat ringan, botak pada bagian depan kepala, atau bahkan botak depan, ternyata memiliki resiko terkena kanker usus besar lebih besar sebesar 30 persen.

Baca Juga:  Stress Memicu Wajah Kusam dan Kurang Menarik

Nana Keum memang masih merekomendasikan hasil penemuannya untuk diteliti dengan lebih lanjut. Hanya saja, jika anda mulai mengalami kebotakan di usia yang cukup muda, ada baiknya anda juga mulai memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter sehingga andai terjadi masalah layaknya kanker usus besar akan bisa segera ditangani dengan baik.