Resiko Kanker Payudara Meningkat Karena Suka Memakan Ikan Bakar

DokterSehat.Com – Ikan bakar adalah salah satu makanan yang menjadi idola bagi banyak orang. Tak percaya, cobalah anda berkunjung ke beberapa tempat wisata. Ikan bakar tentu menjadi salah satu menu makanan yang cukup laris diminati oleh pengunjung. Sayangnya, dibalik rasa lezat dari ikan bakar ini, terdapat banyak sekali efek buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan meningkatkan resiko terkena kanker payudara.

doktersehat-ikan

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Johns Hopkins University menunjukkan sebuah fakta mengejutkan dimana mereka yang rutin mengkonsumsi ikan bakar lebih dari sekali dalam seminggu akan tiga hingga empat kali lebih beresiko terkena kanker payudara. Layaknya daging, ikan ternyata juga memiliki semacam senyawa karsiogenik yang akan bereaksi jika diolah dengan cara dibakar. Meningkatnya resiko terkena kanker payudara ini disebabkan oleh cara pengolahan ikan yang dibakar ternyata bisa memunculkan sebuah bahan kimia amina heterosiklik, sebuah bahan kimia yang terbentuk karena protein dipanaskan di tempat terbuka. Salah satu pakar kesehatan dr Kala Visvanathan menyebutkan jika bahan kiima ini adalah salah satu penyebab dari kanker yang sangat berbahaya. Bahkan, amina heterosiklik akan merangsang pertumbuhan sel-sel kanker yang berada pada area payudara dan sekitarnya.

Dengan adanya fakta ini, kita pun mengetahui jika kanker payudara tidak hanya muncul karena faktor keturunan saja. Pola makan yang kurang sehat dimana kita sering mengkonsumsi ikan bakar ternyata juga ikut menjadi penyebab utama banyaknya kasus kanker payudara. Pakar kesehatan pun semakin menyerukan pada kita untuk lebih berhati-hati dalam memilih bahan makanan dimana makanan yang sehat dengan gizi seimbang akan jauh lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi. Selain itu, jangan sepelekan cara pengolahan makanan yang sehat sehingga resiko terkena kanker pun semakin menurun.