Resiko Ginjal Dapat Disebabkan Karena Kelebihan Konsumsi Susu

DokterSehat.com – Slogan Empat Sehat Lima Sempurna yang selalu didengung dengungkan oleh pemerintah memang sangat baik untuk diterapkan dalam hal konsumsi sehat sehari hari bagi masyarakat. Namun, hal itu juga perlu takaran yang pas dalam konsumsinya. Sebagai contoh adalah tentang konsumsi susu. Jika seseorang mengkonsumsi susu secara berlebihan dibandingkan yang dianjurkan, maka kesehatannya pun akan rentan akan beberapa penyakit. Salah satunya adalah penyakit ginjal.

6

Seorang ahli gizi dan dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bernama Dr dr Saptawati Bardosono, MSc, menuturkan bahwa susu dapat menyediakan sumber kalsium yang dibutuhkan tubuh, namun, jika konsumsi kalsium itu berlebihan, ginjal pun akan terbebani kinerjanya, bahkan dapat menimbulkan timbulnya batu ginjal. Dengan kalsium yang berlebihan, maka tidak semua dari kalsium tersebut akan dapat diserap oleh tubuh dan akan terbuang kembali melalui saluran kencing sebagai proses penahan keseimbangan pada tubuh. Namun, sebelum terbuang kalsium tersebut akan mengendap pada saliran ginjal. Pengendapan ini dapat memicu pembentukan batu kristal pada ginjal yang disebut kalsium oxalate atau kalsium phosphate.

Kebutuhan akan kalsium per hari berbeda beda. Bagi pria normal, kebutuhan kalsium akan mencapai 1000 mg sampai 1200 mg, perempuan normal membutuhkan kalsium per hari sekitar 1200 mg hngga 1500  mg, sementara anak anak cukup membutuhkan 1300 mg kalsium per hari. Namun disarankan untuk tidak melebihi batas ambang maksimal asupan berupa 2500 mg per hari.

Melihat bahwa banyak konsumsi makanan atau minuman selain susu yang menyediakan asupan kalsium, maka konsumsi susu harian pun harus dibatasi. Satu atau dua gelas susu per hari untuk orang normal dirasa cukup untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.