Resiko Dibalik Operasi Mata Laser

DokterSehat.Com – Operasi laser mata dirancang untuk merawat refractive error (kesalahan bias) dan memperbaiki penglihatan, tidak perlu heran, jika teman Anda tak lagi membutuhkan kacamata atau lensa kontak. Namun, apakah itu aman?

14

Berikut adalah risiko operasi laser pada mata :

  • Mata kering
    Operasi dengan menggunakan laser yang diarahkan ke bagian mata dapat sangat mengancam, terlebih jika terjadi kesalahan. Mata kering menjadi efek paling umum yang terjadi pasca operasi LASIK apabila kelenjar air mata terpengaruh sorotan laser. Akibatnya, mata kehilangan kemampuan melembabkan alaminya.
  • Efek samping gangguan melihat
    Penglihatan yang bermasalah di malam hari dan seakan terdapat bintik-bintik pada setiap objek adalah resiko operasi ma LASIK selanjutnya, hal itu terjadi akibat kesalahan teknik koreksi kornea yang terjadi selama prosedur berlangsung.
  • Resiko kebutaan
    Alih-alih memperbaiki daya penglihatan yang menurun akibat minus, Anda justru terpapar resiko yang sangat mengerikan. Anda hanya dapat melakukan lasik apabila level minus mencapai 7 atau lebih. Sementara itu, jika minus Anda belum 7, resiko kebutaan akibat operasi bisa mengancam.
  • Bulu mata tumbuh di tempat tak seharusnya
    Sorotan laser operasi LASIK juga dapat mengakibatkan kerusakan sisi dalam kelopak mata. Sebagai akibatnya, bulu mata bisa tumbuh ke dalam bola mata. Dan gara-gara kondisi itu, Anda bisa jadi harus menjalani prosedur operasi lainnya.

Meski keampuhan lasik dalam mengatasi gangguan penglihatan tidak diragukan lagi, resiko di atas seharusnya jadi bahan pertimbangan Anda. So, konsultasikan semuanya kepada ahli terlebih dahulu ya.