Resiko Diabetes Meningkat Karena Kebiasaan-Kebiasaan Berikut

DokterSehat.Com – Mendengar kata diabetes tentu akan membuat kita membayangkan sebuah penyakit yang cukup sulit untuk disembuhkan dan bisa menyebabkan seseorang mengalami penurunan kualitas kehidupan dengan signifikan. Padahal, gaya hidup masyarakat modern kini tergolong cukup rentan terkena diabetes mengingat semakin banyak orang yang mengadopsi pola makan yang buruk atau mengalami masalah obesitas. Tahukah anda, kegiatan sehari-hari ini yang terlihat sepele ternyata juga bisa membuat kita meningkatkan resiko diabetes.

doktersehat-vertigo-pusing-penyakit-kepala-berputar-demensia

Banyak anak muda yang kini memiliki hobi begadang atau tidur pada jam yang sangat larut. Sebuah studi yang dilakukan di Korea Selatan dimana banyak anak muda yang cenderung menyukai hobi begadang menunjukkan fakta dimana mereka yang hobi begadang akan meningkatkan resiko terkena diabetes, apalagi bagi mereka yang begadang dengan terpapar cahaya layar televisi, monitor komputer, hingga gadget. Kebiasaan ini diyakini mampu membuat regulasi gula dalam darah menjadi semakin melambat dan peningkatan sensitivitas insulin yang akhirnya memicu penyakit diabetes.

Masyarakat modern yang bekerja dari pagi hingga sore hari beresiko jarang terkena cahaya matahari. Meskipun bisa melindungi kulit agar tidak menjadi kehitaman, hal ini ternyata membuat tubuh kekurangan vitamin D sehingga kinerja pankreas pun terganggu. Jika hal ini terjadi, maka produksi insulin pun akan bermasalah sehingga resiko diabetes pun meningkat tajam. Jika anda termasuk dalam orang yang jarang terkena matahari, cobalah mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin D layaknya ikan laut untuk mengimbanginya.

Kebiasaan berikutnya yang bisa meningkatkan resiko diabetes adalah kebiasaan meninggalkan sarapan karena tidak ingin terlambat ke tempat kerja, sekolah, atau tempat kegiatan lainnya. Dengan melupakan sarapan, kita justru memiliki kemungkinan makan dengan sangat berlebihan pada siang hari sehingga bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Saat tubuh kita lapar, kadar insulin dalam darah juga ikut terganggu sehingga pengendalian gula darah pun akan sulit dilakukan dan bisa memicu penyakit diabetes. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak meninggalkan sarapan sama sekali.