Resiko Cedera Saat Yoga Bisa Diminimalisir Dengan Melakukan Hal-Hal Berikut

DokterSehat.Com – Meskipun dianggap oleh banyak orang sebagai olahraga yang cenderung “halus” dan tidak terlalu intens, dalam realitanya yoga bisa membuat seseorang bercucuran keringat dan bahkan mengalami cedera. Tanpa kita sadari, gerakan-gerakan yoga yang terlihat luwes dan halus ini menawarkan kesulitan melakukan gerakan yang sangat tinggi. Banyak kasus dimana mereka yang melakukan gerakan yoga justru berakhir dengan cedera. Melihat adanya hal ini, kita tentu harus pandai dalam mencegah cedera saat melakukan yoga.

doktersehat-wanita-hamil-senam

Salah satu kesalahan paling fatal bagi mereka yang ingin melakukan yoga adalah kita melakukannya sendirian tanpa adanya awasan dari instruktur yoga berpengalaman. Memang, banyak gerakan yoga yang bisa kita pelajari sendiri di internet. Namun, tanpa adanya instruktur berpengalaman, kita tidak akan tahu cara paling efektif dan aman untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu. Jika hal ini terjadi, bisa jadi kita malah akan mengalami cedera yang tentu akan sangat tidak nyaman.

Saat melakukan yoga sendiri, kita tentu harus melakukan banyak hal layaknya memakai pakaian yang tepat agar kita bisa melakukan berbagai gerakan dengan bebas tanpa takut cedera. Jika diperlukan, kita harus lebih “cerewet” pada instruktur yoga jika masih merasa gerakan yoganya kurang benar. Selain itu, cobalah untuk melakukannya dengan pelan-pelan dan tidak dipaksakan sehingga kita pun bisa mendapatkan pernafasan dan keseimbangan tubuh yang jauh lebih baik.

Salah satu kunci utama mencegah cedera saat yoga adalah dengan melakukan pemanasan dengan benar dan mengetahui batasan gerakan diri sendiri dengan baik. Yoga membutuhkan pemanasan agar otot-otot pun menjadi lebih rileks sehingga saat kita bisa melakukan berbagai gerakan dengan luwes tanpa adanya gangguan. Selain itu, cobalah untuk berhenti saat tahu jika gerakan tubuh sudah mencapai batasan sehingga tidak bisa dipaksakan lagi.

Baca Juga:  Telur Yang Kaya Nutrisi Bagi Tubuh

Andai tubuh sudah merasa sakit saat melakukan gerakan yoga, berhentilah segera dan konsultasikan kondisi ini pada instruktur yoga atau dokter terdekat. Jika ada masalah pada tubuh ditemukan, kita tentu bisa memperbaiki masalah ini dengan lebih baik.