Rempah Penurun Berat Badan

Doktersehat.com –  Rempah merupakan bahan yang sering dibutuhkan untuk membuat aneka bahan makanan. Selain memberikan rasa yang khas, rempah juga memberikan khasiat untuk menurunkan berat badan.  Memilih masakan yang kaya rempah-rempah bisa menjadi cara untuk menikmati hobi jajan makanan tanpa khawatir berat badan meningkat. Beberapa jenis rempah diketahui memiliki efek thermogenic, yang bisa meningkatkan metabolisme sehingga pembakaran kalori lebih cepat.



Berikut adalah beberapa jenis rempah yang bisa mengunggah selera makan sekaligus mempercepat metabolisme.

Kayu manis

Menggunakan kayu manis dalam masakan adalah cara alami untuk mendapatkan rasa manis tanpa memakai gula. Beberapa penelitian menunjukkan kayu manis membantu proses penurunan berat badan.

Manfaat mencegah kegemukan dari kayu manis berasal dari kemampuan bumbu ini menjaga kadar gula darah tetap terkontrol dan menurunkan level insulin yang diproduksi setelah makan. Seperti diketahui, kadar insulin yang tinggi juga bisa memicu kelebihan lemak. Kayu manis juga akan melambatkan kerja usus dalam mengosongkan, sehingga rasa kenyang bisa awet lebih lama.

Cabai rawit

Kandungan capcaisin dalam cabai dikenal sebagai pembakar lemak yang baik. Cabai rawit juga memiliki efek thermogenic yang meningkatkan pembakaran kalori. Lagipula, makanan pedas juga bisa membuat Anda menahan diri untuk mengambil porsi terlalu besar. Selain itu, cabai juga akan meningkatkan oksidasi lemak.

Lada hitam

Rempah yang satu ini dipakai dalam kuliner berbagai budaya. Bukan hanya bisa melezatkan masakan, lada hitam juga mengandung piperin yang mampu meningkatkan metabolisme sampai 8 persen. Bumbu ini juga diketahui menyehatkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Biji sesawi

Seperti cabai rawit, biji sesawi juga punya efek thermogenic. Menurut penelitian di Kanada, mengonsumsi makanan pedas, termasuk yang mengandung biji sesawi, bisa membakar 1000 kalori dalam sehari. Menambahkan bumbu ini sebanyak satu sendok teh akan meningkatkan metabolisme sampai 25 persen.

Baca Juga:  Efek Negatif Nonton Film Horor

Jahe

Rempah yang satu ini bukan hanya dipakai sebagai bumbu tapi juga digolongkan ke dalam tanaman obat berkhasiat. Menurut riset dari New York Obesity Research Center, memasukkan jahe kering satu sendok teh dalam masakan atau minum segelas teh jahe saat sarapan bisa membakar kalori lebih banyak setelah makan.

Dari berbagai sumber